Ferrari luncurkan mobil F1 baru SF1000 bersentuhan teatrikal

id ferrari,sebastian vettel,charles leclerc,formula1

Ferrari luncurkan mobil F1 baru SF1000 bersentuhan teatrikal

Ferrari meluncurkan mobil F1 baru SF1000 di teater Romolo Valli, Reggio Emilia, Italia, Selasa waktu setempat. (2/11/2020) (ANTARA/Ferrari Press Office/HO via Reuters)

Ferrari memperkenalkan mobil Formula 1 baru mereka yang dinamai SF1000 dalam acara peluncuran yang megah di teater Romolo Valli, Reggio Emilia, Italia, Selasa waktu setempat.
Jakarta (ANTARA) - Ferrari memperkenalkan mobil Formula 1 baru mereka yang dinamai SF1000 dalam acara peluncuran yang megah di teater Romolo Valli, Reggio Emilia, Italia, Selasa waktu setempat.
Baca juga: Ferrari pilih Sebastian Vettel ketimbang Hamilton untuk 2021

Di teater yang terletak sekitar 30km dari Maranello, kota markas Ferrari, mobil yang merupakan evolusi dari SF90 yang digunakan tahun lalu tersebut disambut dengan iringan orkestra, paduan suara dan tarian ballet.

CEO Ferrari Louis Camilleri dan kepala tim Mattia Binotto memberi sambutan di atas panggung dengan latar belakang video sejarah Ferrari di kancah Formula 1.
 


Binotto mengungkapkan nama SF1000 diambil untuk merayakan tahun di mana Ferrari akan menjalani balapan ke-1000 mereka di F1 di mana tahun ini regulasi balapan cukup stabil sebelum perombakan besar-besaran pada 2021.
Baca juga: Ferrari 2020 muncul dengan wajah baru

"Titik awalnya adalah mobil tahun lalu, SF90," kata Binotto seperti dikutip laman resmi F1.

"Mobil ini terlihat mirip dari tahun lalu tapi benar-benar berbeda, dan banyak konsep yang sangat ekstrim di (SF1000)."
 
Mobil Ferrari SF1000 (ANTARA/Ferrari Press Office/HO via Reuters)


Tahun lalu SF90 membawa tim berlogo kuda jingkrak itu di peringkat dua konstruktor dengan raihan 504 poin, defisit yang cukup jauh dari tim juara Mercedes yang unggul dengan margin 235 untuk meraih gelar ganda keenam kalinya secara beruntun di era mesin hybrid V6.

Sebastian Vettel dan Charles Leclerc akan memiliki misi yang sederhana dengan SF1000 pada musim ini yaitu mengembalikan kejayaan Ferrari sejak terakhir kali menjadi juara konstruktor pada 2008, dan gelar pebalap ke Maranello yang terakhir kali dipersembahkan oleh Kimi Raikkonen pada 2007 silam.



"Saya sangat menyukainya," kata Vettel setelah naik ke panggung dengan Leclerc. "Ini terlihat lebih merah dari tahun lalu," kata dia soal warna mobil barunya.

Tim dan pebalap akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 19 Februari sebelum menjalani seri pembuka yang digelar di Melbourne pada 15 Maret nanti.