DPD RI perjuangkan Pulau Kalimantan masuk destinasi wisata prioritas

id Perjuangkan pulau Kalimantan,wisata kalimantan

DPD RI perjuangkan Pulau Kalimantan masuk destinasi wisata prioritas

Anggota DPD RI, Erlinawati asal Kalimantan Barat saat menyerahkan buku Ekuilibrium Sentarum kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif usai rapat kerja Komite III DPD RI dengan Menteri Pariwisata. ANTARA/ HO

"Potensi wisata di Kalimantan itu luar biasa dan hanya saja belum terkelola dengan baik karena masih minimnya dukungan dari pemerintah pusat termasuk wisata Danau Sentarum mau pun destinasi wisata lainnya di pulau Kalimantan," kata Erlinawati senator
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Erlinawati mempertanyakan tidak masuknya Pulau Kalimantan dalam daftar destinasi wisata prioritas oleh Pemerintah Pusat.
 
"Potensi wisata di Kalimantan itu luar biasa dan hanya saja belum terkelola dengan baik karena masih minimnya dukungan dari pemerintah pusat termasuk wisata Danau Sentarum mau pun destinasi wisata lainnya di pulau Kalimantan," kata Erlinawati senator dari Kalimantan Barat saat di hadapan Menteri Pariwisata di Jakarta, Selasa.
Baca juga: Pengusaha travel di Sanggau Kalbar kebanjiran pesanan jelang Natal-Tahun Baru
 
Disampaikan Erlinawati, hasil kunjungan kerja Komite III DPD RI ke sejumlah daerah di Kalimantan Barat khusus Kabupaten Kapuas Hulu, sudah disampaikan kepada Menteri Pariwisata.
 
Menurut dia, kendala pengembangan potensi wisata Taman Nasional Danau Sentarum menjadi salah satu yang dibahas dalam pertemuan dengan Menpar.
 
"Dihadapan Menpar Wakil Ketua Komite III DPD RI Evi Apita Maya juga sudah menyampaikan hasil kunjungan kerja dari Kalbar," ucap Erlinawati.
 
Erlinawati yang juga merupakan istri Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, itu berharap agar pemerintah pusat khususnya pihak kementerian pariwisata juga memprioritaskan pengembangan potensi wisata Kapuas Hulu.
 
"Saya sempat pertanyaan kenapa pulau Kalimantan tidak masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas oleh pemerintah," tegas Erlinawati.
 
Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnu Utama mengatakan bahwa salah satu upaya kementerian pariwisata saat ini dalam mendukung terbentuknya ibu kota baru ( di Kalimantan ) adalah harus di bangunnya tujuan destinasi wisata.
 
Salah satu contohnya, kata Wisnu yaitu potensi Kalimantan dapat dijadikan tujuan wisata safari atau ecotourisme.
Baca juga: Kemenpar kurangi promosi wisata ke Kalimantan dan Sumatera
 
" Kita harus sama - sama menciptakan semangat desnitasi wisata untuk Kalimantan , dalam hal ini kita mengusulkan kepada bapak presiden agar dapat membuat destinasi destinasi wisata daerah misalnya "theme park" yang berkaitan dengan hutan dan lain sebagainya," kata Wisnu.
 
Sebelumnya  pada  4 Februari 2020 anggota komite III DPD RI 10 orang melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dan salah satunya mengunjungi kawasan Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum dimana bidang pariwisata merupakan salah satu bidang kerja Komite III DPD RI.