Nunik minta perusahaan beri perhatian keselamatan pekerja

id Wagub Lampunh,Peringatan Bulan K3,Pelabuhan panjang

Nunik minta perusahaan beri perhatian keselamatan pekerja

Simulasi penerapan K3 memadamkan api di perusahaan dengan aman, dalam rangka peringatan bulan K3 ke-50, Selasa(11/2/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna

Jangan sampai kita tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya, dan hanya diperhatikan pada Bulan K3 saja, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim mengimbau semua perusahaan yang ada di wilayah Lampung untuk memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) para pekerjanya.

"Setiap perusahaan yang memiliki pekerja saya minta lebih perhatian terhadap keselamatan kerja mereka," kata Nunik sapaan akrabnya di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan,  peringatan bulan K3 ini merupakan sebuah momentum bagi semua pihak untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali bahwa K3 begitu sangat penting dalam melakukan sebuah aktivitas pekerjaan.

Baca juga: Nunik bersama ratusan siswa bersihkan Taman Gajah

"Jangan sampai kita tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya, dan hanya diperhatikan pada Bulan K3 saja," kata dia.

Di sisi lain, Wagub mengungkapkan bahwa peringatan K3 ini digelar di Pelabuhan Panjang sebab berstatus  pelabuhan internasional dengan tingkat K3 yang paling aman.

"Ini juga untuk memberitahukan kepada masyarakat luas baik lokal maupun internasional bahwa kita memiliki pelabuhan yang aman. Saya lihat juga Pelabuhan Panjang semakin positif baik dari fisiknya maupun manajemennya," kata dia.

Baca juga: Lampung tahun 2020 gelar 86 kegiatan wisata

Sementara itu Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Andi Hartono mengatakan untuk menerapkan budaya K3 bagi perusahaan yang berada di lingkungan kerja Pelabuhan Panjang pihaknya telah melakukan penandatangan komitmen bersama.

"Kita sudah melakukan komitmen dengan para perusahaan agar melengkapi pekerjanya dengan K3. Saya tegaskan pimpinan harus memiliki komitmen agar K3-nya lengkap," kata dia.

Baca juga: Wagub Lampung lakukan penanaman ratusan pohon mangrove di Pantai Mutiara Baru

Ia pun menegaskan pihaknya setelah melakukan komitmen bersama akan melakukan pengecekan kepada perusahaan yang telah menandatangani kesepakatan bersama untuk melihat mana saja yang serius menerapkan budaya K3 dan mana yang tidak.

"Bila kami menemukan ada dari salah satu mereka yang melanggar komitmen, kami akan mencatatnya, selanjutnya akan kita berikan ke Wagub untuk ditindak lanjuti," jelasnya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar