AS seleksi 44 mega bintang NBA untuk tim basket Olimpiade 2020

id NBA,olimpiade tokyo,bola basket,tim AS

AS seleksi 44 mega bintang NBA untuk tim basket Olimpiade 2020

Pebasket Cleveland Cavaliers LeBron James (23) melalukan lemparan bebas saat melawan Boston Celtics di babak perempat pertandingan kelima final wilayah Eastern NBA Playoffs 2018 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 23 Mei 2018. (Greg M. Cooper-USA TODAY Sports/File Photo)

Jakarta (ANTARA) - LeBron James, Kawhi Leonard, dan James Harden masuk dalam 44 nominator untuk mengisi 12 nama di tim bola basket putra AS untuk Olimpiade 2020.

Bola basket Amerika Serikat mengumumkan para kandidat pada hari Senin (10/2). Di antara mereka, termasuk sembilan anggota tim Olimpiade AS tahun 2016 dan tujuh nama eks tim Olimpiade 2012. Kedua tim itu memenangi medali emas.

Daftar nama tim akan segera diumumkan. Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo mulai 24 Juli hingga 9 Agustus. Pertandingan final bola basket putra pada tanggal 8 Agustus.

"Komitmen, keinginan, dan kegembiraan semua atlet kami untuk mewakili negara mereka sangat luar biasa," kata Direktur Pelaksana Bola Basket AS Jerry Colangelo dalam sebuah pernyataannya dilansir dari Reuters.

"Semua finalis adalah atlet sangat berbakat yang menawarkan kepada kita fleksibilitas dan kemampuan luar biasa, dan tim finalis akan menampilkan sejumlah pemain dari mereka yang sangat berpengalaman dan berprestasi dalam bola basket internasional hingga pemain yang akan menjadi bintang internasional masa depan," katanya.

Ke-44 nominator memiliki pengalaman di NBA. James, peraih tiga medali Olimpiade, memiliki pengalaman internasional terbanyak dengan memainkan 68 pertandingan.

"Selama sisa musim NBA kami akan terus memantau semua atlet," kata Colangelo, "Memilih daftar 12 nama pemain AS jelas merupakan proses yang sangat menantang dan sulit. Kami akan berusaha memilih tim terbaik yang akan mewakili negara kami dan diharapkan berhasil dalam misi sulit mengulang sebagai juara Olimpiade keempat berturut-turut."

Dua belas negara akan bersaing di Olimpiade 2020. Hingga kini tim yang memenuhi syarat adalah Amerika Serikat, tuan rumah Jepang, Argentina, Australia, Prancis, Iran, Nigeria, dan Spanyol.

Tim AS akan dilatih oleh pelatih San Antonio Spurs, Gregg Popovich, yang menggantikan pelatih Duke, Mike Krzyzewski. Asisten pelatih adalah Steve Kerr (Golden State Warriors), Lloyd Pierce (Atlanta Hawks) dan Jay Wright (Villanova).



Berikut ini 44 kandidat dengan tim NBA mereka:

Boston Celtics: Jaylen Brown, Gordon Hayward, Marcus Smart, Jayson Tatum, Kemba Walker

Brooklyn Nets: Kevin Durant, Joe Harris, Kyrie Irving

Cleveland Cavaliers: Andre Drummond, Kevin Love

Denver Nuggets: Mason Plumlee

Golden State Warriors: Stephen Curry, Draymond Green, Klay Thompson

Houston Rockets: James Harden, Russell Westbrook

Indiana Pacers: Malcolm Brogdon, Victor Oladipo, Myles Turner

Los Angeles Clippers: Paul George, Montrezl Harrell, Kawhi Leonard



Los Angeles Lakers: Anthony Davis, Dwight Howard, LeBron James, Kyle Kuzma, JaVale McGee

Miami Heat: Bam Adebayo, Jimmy Butler

Milwaukee Bucks: Brook Lopez, Khris Middleton

New Orleans Pelicans: Brandon Ingram

Oklahoma City Thunder: Chris Paul

Philadelphia 76ers: Tobias Harris

Phoenix Suns: Devin Booker

Portland Trail Blazers: Damian Lillard

Sacramento Kings: Harrison Barnes

San Antonio Spurs: LaMarcus Aldridge, DeMar DeRozan, Derrick White

Toronto Raptors: Kyle Lowry

Utah Jazz: Mike Conley, Donovan Mitchell

Washington Wizards: Bradley Beal