Pemkot Palembang optimistis sektor pariwisata tumbuh di atas 6,0 persen tahun 2020

id wisata,wisatawan,pariwisata,ekonomi,wisata palembang

Pemkot Palembang optimistis sektor pariwisata tumbuh di atas 6,0 persen tahun 2020

Suasana Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang di malam hari di Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan optimistis sektor pariwisata bakal tumbuh di atas 6,0 persen pada 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya karena ditopang adanya penurunan harga tiket dan berakhirnya pemilihan presiden.
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan optimistis sektor pariwisata bakal tumbuh di atas 6,0 persen pada 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya karena ditopang adanya penurunan harga tiket dan berakhirnya pemilihan presiden.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Minggu, mengatakan, tahun 2020 dipandang lebih kondusif bagi pariwisata jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada harapan lebih baik di tahun 2020 karena harga tiket  mulai turun, dan pilpres sudah berakhir,” kata Isnaini.
Baca juga: Palembang dan Lampung bakal garap paket wisata bersama

Ia mengatakan sebenarnya, pariwisata Kota Palembang sudah tumbuh baik pada 2019 jika merujuk pada PAD dari sektor wisata yang mencapai Rp250 miliar, atau meningkat Rp65 miliar dari  2018.

Realisasi PAD sektor pariwisata itu bersumber dari pajak hotel, hiburan dan restoran yang meningkat pesat setelah pemasangan tapping box.

Namun, ia melanjutkan, pemkot enggan berpuas diri mengingat Kota Palembang yang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018 berharap sektor pariwisata ini setidaknya tumbuh 10 persen setiap tahun.

“Akan tetapi, kami juga harus realistis sehingga hanya menargetkan sekitar 6 persen setiap tahunnya untuk jumlah kunjungan wisatawan,” kata dia.

Menurutnya, Kota Palembang harus berbenah untuk menyejajarkan dengan kota-kota wisata lainnya di Indonesia, terutama dari sisi infrastruktur dan ragam destinasi wisata.
Baca juga: Dispar Kota Palembang bidik 2,2 juta wisatawan, 2020 gelar 100 event

Palembang yang memiliki keunggulan dari sisi wisata olahraga, wisata sejarah dan wisata kuliner harus terus berpacu agar menjadi pilihan wisatawan dari dalam dan luar negeri, kata dia.

Keberadaan kota Palembang yang menjadi kota perlintasan menuju provinsi-provinsi di Sumatera yakni Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Aceh membuat kota ini semakin terdongkrak perannya setelah hadirnya ruas tol Palembang-Lampung.

Lantaran itu, Pemkot Palembang sangat optimistis target pertumbuhan jumlah wisatawan di atas 6,0 persen pada 2020 dapat tercapai setelah pada 2019 tercapai 2,1 juta orang dan wisatawan mancanegara 12.000 orang.

“Untuk mencapai ini harus digalang sinergi, karena sektor wisata ini mutlak harus melibatkan banyak pihak,” kata dia.
Baca juga: Pariwisata sumbang 30 persen pendapatan Kota Palembang Sumsel