Legenda sepak bola dunia Pele alami depresi, dipicu masalah kesehatannya

id Pele,sepak bola Brazil,pele deprasi

Legenda sepak bola dunia Pele alami depresi, dipicu masalah kesehatannya

Pele (Reuters)

Pele, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang sejarah dan akan berusia 80 tahun pada Oktober, telah mengalami masalah pinggul selama bertahun-tahun dan sekarang membutuhkan tongkat untuk berjalan. Banyak penampil
Jakarta (ANTARA) - Legenda dan mantan bintang sepak bola Brazil Pele mengalami depresi karena kesehatannya yang terus buruk dan enggan meninggalkan rumah karena dia tidak bisa berjalan tanpa bantuan, kata putranya Edinho dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di Brazil, Senin.

Pele, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang sejarah dan akan berusia 80 tahun pada Oktober, telah mengalami masalah pinggul selama bertahun-tahun dan sekarang membutuhkan tongkat untuk berjalan. Banyak penampilan publiknya baru-baru ini di kursi roda.

"Dia sangat rapuh. Dia menjalani penggantian tulang pinggul dan tidak mendapatkan rehabilitasi yang memadai atau ideal," kata Edinho kepada TV Globo, seperti dilansir Reuters.
Baca juga: Sia sia bila bandingkan Messi dengan Pele

"Jadi dia memiliki masalah dengan mobilitas dan ini telah menyebabkan semacam depresi. Bayangkan, dia adalah raja, dia selalu menjadi sosok yang mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan baik.

"Dia malu, dia tidak ingin keluar, terlihat, atau melakukan apa pun yang harus meninggalkan rumah," tambah putranya. "Dia sangat malu, tertutup."

Edinho mengatakan dia telah berdebat dengan ayahnya karena dia tidak melakukan fisioterapi yang dipanggil setelah operasi pinggul.

Pele, satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia, menghabiskan sebagian besar karirnya dengan tim Brasil Santos sebelum pindah ke New York Cosmos pada 1970-an.
Baca juga: Pele pulang dari RS usai operasi batu ginjal

Musim panas ini akan menandai peringatan 50 tahun penampilan striker itu di Piala Dunia ketiganya di Meksiko pada tahun 1970, dimana banyak orang menilai bahwa tim Brazil ketika itu meraih Piala Dunia adalah tim terhebat sepanjang masa.