Kento Momota bakal absen di All England 2020

id Kento Momota,All England

Kento Momota bakal absen di All England 2020

Pebulu tangkis putra Jepang Kento Momota menunjukkan medali di atas podium usai mengalahkan pebulu tangkis putra Denmark Anders Antonsen pada babak final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/ama. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota bakal absen berlaga di turnamen tertua All England yang akan berlangsung di Birmingham, Inggris pada 11-15 Maret karena harus rehat setelah menjalani operasi mata.

Klub tempat Momota bernaung yakni Nippon Badminton Association mengumumkan dalam pernyataan tertulisnya bahwa pebulu tangkis asal Jepang itu mengeluh merasa tidak nyaman dengan mata kanannya saat sedang latihan.

Setelah diobservasi, dokter menemukan bahwa terdapat retak pada bagian soket di bagian mata kanannya. Ia pun mengatakan bahwa Momota perlu memulihkan dirinya lebih lama dan terpaksa harus menepi dari kompetisi hingga tiga bulan ke depan.

Pelatih kepala bulu tangkis tim nasional Jepang Park Joo Bong mengatakan bahwa dirinya terkejut mendengar kabar Momota ternyata belum pulih sepenuhnya dari kecelakaan maut di Malaysia awal tahun ini.



"Saya terkejut kali ini. Kami akan melihat kondisinya setelah operasi,"

"Kondisi ini tentu saja merupakan suatu masalah. Tapi saya akan memprioritaskan kesembuhannya tanpa harus membuatnya terburu-buru," katanya dikutip dari BWF Badminton.

Sebelumnya, Momota sempat dikabarkan telah sembuh dari cedera akibat kecelakaan maut di Malaysia pada 13 Januari lalu. Ia bahkan telah kembali berlatih pada 3 Februari.

Selain All England, kondisi tersebut juga memaksa Momota kemungkinan absen pada beberapa turnamen kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo yang masih akan berlangsung hingga April mendatang.

Kendati begitu, secara perolehan poin, Momota tetap dipastikan mendapatkan tiket tampil di Olimpiade 2020. Namun tidak menutup kemungkinan, cedera tersebut bakal menganggu persiapannya jelang perhelatan pesta olahraga terakbar itu.