Pokdar Kamtibmas Labuhan Maringgai gotong royong bersihkan selokan

id Pokdar Kamtibmas Labuhan Maringgai, Polsek Labuhan Maringgai, Pokdar Kamtibmas, Lampung Timur

Pokdar Kamtibmas Labuhan Maringgai gotong royong bersihkan selokan

Warga Dusun IX Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai gotong royong bersama Pokdar Kamtibmas membersihkan selokan depan rumah, di desa setempat, Jumat (7/2). Foto Antaralampung/Muklasin.

Margasari, Lampung Timur (ANTARA) - Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) tingkat Kecamatan Labuhan Maringgai  Kabupaten Lampung Timur , memotivasi warga Desa Margasari di kecamatan setempat  menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan membersihkan selokan depan rumah. 

"Hari ini kita melakukan kegiatan yang mulia, gotong royong bersama-sama  membersihkan selokan dan ini kalau bisa tolong  dilakukan secara rutin," kata Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yaya K saat memberikan arahan kepada warga Desa Margasari di Dusun IX, Jumat. 

Kompol Yaya meneruskan, perlu diketahui, Pokdar Kamtibmas Labuhan Maringgai  melakukan kegiatan bersih-bersih selokan bersama ini dalam rangka menjaga kebersihan. 

Bersih selokan yang dilakukan hari ini sifatnya merupakan motivasi kepada masyarakat agar dapat diteruskan secara mandiri. 

"Jadi tolong lakukan kegiatan ini secara rutin seperti lakukan Jumat bersih, di hari Jumat depan, tolong semua berangkat," imbau Yaya. 

Yaya melanjutkan, dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, lingkungan  menjadi bersih, sedap dipandang dan jauh dari penyakit. 

Yaya mengingatkan agar masyarakat tidak selalu menggantungkan  diri kepada pemerintah, biasanya melakukan  mandiri untuk menjadikan lingkungan rumah bersih. 

Pada acara itu, hadir anggota DPRD Lampung Timur, Andri.  
Andri mengatakan kehadirannya dalam rangka reses atau menyerap aspirasi warga dan mendukung kegiatan Pokdar itu.

"Kami dukung, nanti Jumat bersih depan, saya hadir ikut membantu konsumsinya," ujar Andri. 

Kepala Desa Margasari Wahyu Jaya dan Sekcam Labuhan Maringgai A. Tri Handoko menyatakan pemerintah kecamatan dan desa menyambut baik kegiatan-kegiatan Pokdar Kamtibmas yang digagas Polri. 

Menurut Tri Handoko, fungsi Pokdar Kamtibmas yang pengurusnya  dari sejumlah instansi dari Polri, TNI, pemerintah Kecamatan, Ormas, LSM, dan pers serta  masyarakat di Labuhan Maringgai tidak fokus hanya membantu mendukung Polri menciptakan Kamtibmas yang aman namun mencakup semua aspek, termasuk membuat lingkungan menjadi bersih. 

"Dengan Gotong royong seperti ini dapat membantu memecahkan  persoalan sosial di tengah masyarakat, tadi kami berdiskusi mencari solusi akan mengurai saluran air agar pembuangan air di selokan ini  lancar, "jelasnya.

 
Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yaya K bersama pengurus Pokdar Kamtibmas Labuhan Maringgai mengajak warga Dusun IX Desa Margasari menjaga kebersihan lingkungan di desa setempat, Jumat (7/2) foto Antaralampung/Muklasin

Kegiatan gotong royong bersih-bersih selokan itu, diikuti jajaran anggota Polri dari Polsek Labuhan Maringgai, Koramil Labuhan Maringgai, TNI AL, unsur Pemerintah Kecamatan Labuhan Maringgai, Pemerintah Desa Margasari dan warga Dusun IX.

Disepakati bersama warga melakukan  kegiatan Jumat bersih secara rutin.