Wagub Lampung optimistis Waykanan raih kabupaten layak anak

id wagub lampung nunik, kabupaten waykanan, kabupaten layak anak

Wagub Lampung optimistis Waykanan raih kabupaten layak anak

Wagub Lampung Chusnunia Chalim (baju putih) (Antara Lampung/HO)

Waykanan (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim optimistis Kabupaten Waykanan mampu meraih Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan predikat madya dan meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020.

"Waykanan sudah berprestasi terkait KLA ini, tinggal kita maksimalkan lagi. Sehingga Waykanan akan mampu meraih KLA dengan predikat madya," ujarnya d di Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Waykanan, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Waykanan sudah memenuhi semua persyaratan tinggal beberapa hal saja. 

Perda Layak Anak segera selesai, Forum Anak Daerah sudah sampai tingkat desa, ruang bermain anak sudah terverifikasi pusat, dan rancangan aksi daerah sudah ada. 

"Kemudian sekolah ramah anak sudah ada 234 sekolah, puskesmas ramah anak sudah ada 7, dan ditargetkan seluruh puskesmas akan ramah anak pada 2020. Hanya tinggal berkolaborasi dengan lembaga masyarakat. Saya yakin dan optimis, Kabupaten Waykanan akan mampu meraih KLA dengan predikat madya," ujar Wagub Chusnunia. 

Terkait predikat APE, Wagub menjelaskan Waykanan sudah memiliki rencana aksi daerah dan program kerjanya.

 "Tinggal membuat perda terkait Pengarusutamaan Gender (PUG), dan melakukan input data saja. Waykanan ini sebenarnya sudah semua, kalau beberapa pekerjaan rumah segera dilakukan maka Waykanan juga akan meraih APE 2020," jelasnya.

Wagub Chusnunia mengapresiasi Kabupaten Waykanan yang telah menerapkan pola hidup sehat, sebagi upaya dalam mengatasi stunting, salah satunya dengan telah mendeklarasikan ODF sampai tingkat desa. 

"Alhamdulillah Waykanan deklarasi ODF di tingkat desa sudah mencapai 100 persen, hanya perlu meningkatkan pusat layanan keluarga," ujarnya.