Rusia berencana mengusir warga asing pengidap virus corona

id virus corona,Rusia ,usir warga asing,pengidap virus,China

Rusia berencana mengusir warga asing pengidap virus corona

Seorang pasien 2019-nCoV di Rumah Sakit Hankou, Wuhan, memberikan isyarat jempol kepada tim kesehatan dari Second Military Medical University, Senin (27/1/2020). (Ilmuwan Australia berhasil kembangkan virus corona baru (ANTARA/HO-ChinaNews)

Moskow (ANTARA) - Rusia berencana mengusir warga negara asing yang dinyatakan positif mengidap virus corona baru, demikian dilaporkan kantor berita Interfax, Senin.

Laporan itu muncul pada saat negara-negara di seluruh dunia berupaya mengendalikan wabah itu, yang telah menewaskan 361 orang di China sejak muncul pertama kali pada Desember.

Rusia, yang terpisahkan dari China melalui perbatasan sepanjang 4.300 kilometer, melaporkan ada dua kasus virus pekan lalu yang dialami dua warga negara China. Satu kasus muncul di Tyumen, kawasan Siberia, satu lainnya di kawasan Zabaykalsky di timur jauh.

Militer Rusia akan mulai menerbangkan pulang para warga negara Rusia dari Hubei, provinsi di China yang merupakan pusat wabah virus tersebut.

Penerbangan akan dilakukan pada Senin dengan membawa 130 dari 600 orang, kata para pejabat.

Secara terpisah, Rusia telah memindahkan 58 warganya dari daerah perbatasan dengan China pada Sabtu (1/2), kata pemerintah daerah Pirmorsk di akun Instagram-nya pada akhir pekan.

Moskow sudah melarang penerbangan langsung ke China. Pesawat-pesawat yang tiba di terminal khusus bandara Sheremetyevo di Moskow, beserta seluruh penumpangnya, diperiksa.

Perusahaan kereta api Rusia juga sudah mulai menghentikan layanan kereta penumpang ke negara itu.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar