Kota Palembang alami inflasi di atas angka nasional

id BPS,statistik,ekonomi,inflasi,deflasi

Kota Palembang alami inflasi di atas angka nasional

Kepala BPS Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih (kanan). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan mengalami inflasi pada Januari 2020 sebesar 0,62 persen atau lebih tinggi dari nasional karena dipengaruhi naiknya harga rokok kretek filter.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Senin, komoditas rokok menempati peringkat kedua penyumbang inflasi di kota itu.

Kepala BPS Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih mengatakan kenaikan harga rokok sebesar 4,98 persen memiliki andil inflasi sebesar 0,07 persen.

“Rokok jadi salah satu penyumbang inflasi di samping ada pula kenaikan sejumlah bahan makanan, seperti cabai merah dan bawang merah,” kata dia.

Endang mengatakan tercatat 114 dari 386 komoditas yang dipantau BPS mengalami kenaikan harga, sementara 44 komoditas lainnya menurun.

Menurut Endang, tingginya inflasi Sumsel itu tidak terlepas dari kondisi selepas momen Tahun Baru, yang biasanya terjadi peningkatan harga untuk sejumlah komoditas.

Sementara itu, Asisten Direktur Kepala Tim Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Wahyu Yuwana mengatakan kenaikan harga rokok merupakan dampak dari naiknya cukai rokok yang diatur pemerintah.

“Kondisi itu bertepatan dengan naiknya cukai rokok dan harga jual eceran rokok sehingga berpengaruh terhadap inflasi,” kata dia.

Wahyu menambahkan, sebetulnya tren inflasi di Palembang maupun Sumatera Selatan yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah adalah pergerakan harga bahan pangan.

"Faktor terbesar itu di cabai dan bawang merah. Perkembangan harga itu tidak terlepas dari kondisi cuaca yang berpengaruh terhadap produksi pertanian,” kata dia.

Oleh karena itu, menurut Wahyu, pemda perlu fokus terhadap komoditas volatile foods. Salah satu strategi yang perlu diterapkan untuk menjaga permintaan dan pasokan adalah hilirisasi.

“Mau tidak mau hilirisasi jd lebih penting karena ketika ada kelangkaan stok kita punya simpanan dalam bentuk komoditas yang sudah diolah,” kata dia.