China: AS ciptakan dan sebarkan ketakutan setelah merebaknya corona

id Corona, AS, Hua, China,Wuhan

China: AS ciptakan dan sebarkan ketakutan setelah merebaknya corona

Ilustrasi orang mengenakan masker demi menghindari terinfeksi jenis baru virus corona atau 2019-nCoV (Pixabay)

Beijing (ANTARA) - Amerika Serikat melakukan tindakan yang menciptakan dan menyebarkan rasa takut menyusul merebaknya virus corona di China, alih-alih menawarkan bantuan yang berarti, kata Kementerian Luar Negeri China Senin.

AS adalah negeri pertama yang menganjurkan penarikan sebagian staf kedutaan besarnya dan yang pertama memberlakukan larangan pada pengunjung China, juru bicara kementerian Hua Chunying mengatakan.

"Semua yang AS lakukan hanya menciptakan dan menyebar ketakutan, yang jadi contoh buruk," kata Hua dalam taklimat daring, seraya menambahkan China berharap negara-negara akan membuat penilaian dan tanggapan yang masuk akal, tenang dan berdasarkan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Jumlah korban tewas akibat virus corona capai 361

AS mulai mengevakuasi warganya dari Wuhan, China tengah, tempat corona dipercaya pertama kali muncul akhir tahun lalu, pada Januari 28.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Januari 30 mengumumkan darurat global atas penyebaran virus yang cepat.Pada hari yang sama, Departemen Luar Negeri AS menaikkan peringatannya untuk perjalanan ke China.

"Negeri-negeri sangat maju seperti AS dengan kemampuan dan fasilitas pencegahan epidemi yang kuatlah yang memulai memberlakukan pembatasan berlebihan yang bertentangan dengan anjuran WHO," kata Hua.

Baca juga: Presiden Jokowi berterima kasih kepada masyarakat Natuna

Reuters
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar