Masyarakat Lampung ingin pasar bersih guna cegah penyebaran penyakit

id Pasar higenis, pasar bersih, cegah penyakit

Masyarakat Lampung ingin pasar bersih guna cegah penyebaran penyakit

Kondisi salah satu pasar tradisional di Bandarlampung, Bandarlampung, Senin 03/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Masyarakat kota Bandarlampung menginginkan adanya kondisi pasar yang bersih di daerah itu guna mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kenyamanan masyarakat untuk berbelanja.

"Kondisi pasar yang bersih tidak ada lalat menjadi keinginan semua masyarakat, terlebih lagi unggas  hidup dapat ditempatkan terpisahsehingga kegiatan jual beli dapat lebih nyaman, " ujar Hannah salah seorang konsumen di Pasar tradisional Kangkung, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, kondisi sejumlah pasar tradisional di Bandarlampung yang terkadang becek dan kotor membuat masyarakat kurang nyaman dalam melaksanakan kegiatan jual beli.

Hal senada dikatakan oleh Ulfa salah seorang pengunjung lainnya.

"Sejumlah pasar tradisional di Bandarlampung terkadang saat musim hujan tidak membuang sampah secara teratur sehingga menimbulkan bau busuk, dan lalat sering hinggap di sejumlah barang dagangan, membuat tidak nyaman saat hendak membeli barang, "ujar Ulfa, salah seorang warga Bandarlampung.

Menurutnya, kondisi tersebut rawan menimbulkan beragam penyakit bagi masyarakat dan pedagang.

"Harapannya kondisi pasar tradisional dapat ditata kembali agar mengantisipasi penyebaran penyakit yang tidak diinginkan seperti diare dan flu burung,"katanya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Maulana salah seorang pedagang di Pasar Bambu Kuning.

"Pasar higienis tentu menjadi dambaan seluruh masyarakat tidak terkecuali bagi pedagang, agar kegiatan jual beli lebih nyaman,dan tidak ada penyebaran penyakit,"ujar Maulana salah seorang pedagang.

Sementara itu, hasil pantauan menunjukkan penjualan ternak unggas atau pemotongannya masih dilakukan di berbagai pasar tradisional, termasuk di Pasar Gudang Lelang Bandarlampung.
Baca juga: Warga Pulau Pasaran minta jembatan penghubung segera diperbaiki

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar