Tiba di Batam, WNI dari Wuhan langsung diangkut pesawat TNI AU

id Wni dari wuhan,penanganan corona,virus corona,corona,Wuhan

Tiba di Batam, WNI dari Wuhan langsung diangkut pesawat TNI AU

Proses pemindahan WNI dari Wuhan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). ANTARA/Yuniati Jannatun Naim

Batam (ANTARA) - Warga Negara Indonesia dari Wuhan, China yang baru tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu pagi dengan pesawat Batik Air,  langsung diarahkan ke pesawat milik TNI AU yang sudah siaga persis di sampingnya.

Penumpang WNI itu mulai turun pesawat sekitar pukul 9.23 WIB. Pesawat sendiri mendarat sekitar pukul 8.45 WIB. Mereka keluar pesawat satu per satu, dengan jarak yang relatif lama.

Sejumlah petugas berpakaian dengan pengamanan kesehatan lengkap berwarna kuning dan putih langsung siaga di sekitar pesawat, begitu pesawat yang membawa WNI dari Wuhan.

Baca juga: Wabah corona Wuhan China: 304 tewas dan 322 sembuh


Petugas berseragam kuning masuk ke dalam pesawat. Mereka sempat berhenti di pintu depan pesawat selama beberapa menit, dan disusul beberapa petugas berseragam putih.

Menurut aturan karantina, seluruh penumpang harus melalui pemeriksaan kesehatan di dalam pesawat Batik Air sebelum pindah ke pesawat lain yang akan membawanya ke Natuna.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam Achmad Farchanny sebelumnya menyatakan, terdapat sejumlah tes kesehatan yang dilakukan di dalam pesawat, di antaranya suhu tubuh.
Baca juga: DPR : Pemerintah jangan buat masyarakat Natuna khawatir

Sementara itu, 3 pesawat TNI sudah bersiaga untuk membawa seluruh WNI dari Wuhan ke Natuna, yaitu Hercules A-1315 dan dua Boeing AI 7304 dan A 7306.

Kadis Ops Lanud Hang Nadim Batam Mayor Lek Wardoyo mengatakan hercules dimaksimalkan dapat mengangkut 130 orang dan boeing berkapasitas masing-masing 100 orang.

Baca juga: WNI dari Wuhan akan transit di Natuna