Harga ayam potong di Bandarlampung berangsur turun

id Harga ayam lampung, ayam potong lampung

Harga ayam potong di Bandarlampung berangsur turun

Stok ayam ras potong milik pedagang di Pasar Kota Karang, Bandarlampung, Rabu (15/1/2020) (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Harga ayam ras potong di sejumlah pasar tradisional Bandar Lampung mulai berangsur turun.

"Harga ayam ras potong saat ini mulai turun, untuk ayam ukuran besar Rp48.000 per potong, sedangkan ayam ukuran kecil Rp35.000 per potong, " ujar Susi, salah seorang pedagang di pasar Kota Karang.

Ia mengatakan, harga ayam yang mulai berangsur turun disebabkan oleh adanya penurunan harga jual ayam hidup dari pemasok.

"Kebetulan perayaan Tahun Baru sudah usai, konsumsi masyarakat akan ayam kembali normal, dan harga ayam hidup dari pemasok mulai stabil, jadi harga ayam mulai berangsur turun," katanya.

Harga ayam ras potong sempat mengalami kenaikan berkisar Rp50.000 hingga Rp53.000 per potong pada bulan November hingga Desember 2019 yang disebabkan meningkatnya konsumsi ayam karena perayaan pergantian tahun.

"Harga ayam sempat mahal saat menjelang Tahun Baru hingga satu minggu setelah Tahun baru, namun saat ini harga mulai berangsur turun sedikit demi sedikit," ujar Usman, salah seorang pedagang di Pasar Kangkung.

Menurut dia, harga ayam mulai mengalami penurunan harga berkisar Rp48.000 hingga Rp45.000 per potong untuk ayam ukuran besar dan Rp35.000 hingga Rp30.000 per potong untuk ayam ukuran kecil.

"Harga ayam berangsur turun sedikit demi sedikit, karena harga ayam dari pemasok mulai stabil juga, dan harapannya harga ayam bisa kembali ke harga normal agar minat beli ayam masyarakat meningkat, " katanya.