Jembatan antardesa di Malang runtuh diterjang banjir lumpur

id Banjir Lumpur,Banjir,Kabupaten Malang,Jembatan Ambruk

Jembatan antardesa di Malang runtuh diterjang banjir lumpur

Kondisi jembatan penghubung antara Desa Gadingkulon dan Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang runtuh diterjang banjir lumpur, Kamis (30/1/2020). ANTARA/HO-Humas Polres Malang

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Jembatan penghubung antara Desa Gadingkulon dan Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, runtuh diterjang banjir lumpur, Kamis, kurang lebih pukul 16.30 WIB.

Kasubbag Humas Polres Malang Ipda Nining Husumawati di Malang, Kamis, mengatakan runtuhnya jembatan di atas aliran Sungai Metro tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.

"Satu jembatan putus akibat banjir lumpur di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Korban jiwa nihil," kata dia saat dikonfirmasi ANTARA.

Banjir lumpur juga menyebabkan perkebunan jeruk di wilayah Kecamatan Dau terdampak.

Pihaknya bersama pemangku kepentingan terkait lainnya saat ini masih melakukan pendataan.

"Perkebunan jeruk yang terdampak, masih dalam pendataan," kata Nining.



Kepolisian Resor Malang menutup akses jalan akibat runtuhnya jembatan tersebut. Para pengguna jalan menuju Dusun Krajan, Desa Gadingkulon dan Dusun Selokerto, Desa Selorejo, dialihkan dari Dusun Krajan menuju Dusun Gadingkulon.

"Arus kendaraan ditutup total, karena jembatan putus. Masyarakat yang melintas dialihkan," kata dia.

Polsek Dau bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dan  relawan telah ke lapangan untuk penanganan awal kejadian tersebut.

Banjir bandang menerjang dua desa di Kabupaten Malang, yakni Desa Tegalweru Desa Petungsewu, Kecamatan Dau pada Jumat (24/1).

Air dari sungai yang melintasi dua desa tersebut meluap ke jalan, dan sempat menyeret beberapa pengendara sepeda motor yang tengah melintas. Tercatat, lima kendaraan bermotor roda dua yang hanyut dan dua orang mengalami luka-luka.