KPU Kota Bandarlampung gelar seleksi peserta calon PPK

id KPU Kota Bandarlampung,Seleksi PPK,Tes CAT PPK

KPU Kota Bandarlampung gelar seleksi peserta calon PPK

Peserta Calon PPK sedang melakukan CAT yang di Laboratirium Komputer Fakultas MIPA Universitas Lampung (Unila), Kamis (30/1/2020) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menggelar seleksi peserta calon penyelenggara pemilihan kecamatan (PPK) menggunakan sistem "computer assisted test/CAT"  di Universitas Lampung.

"Tahapan seleksi PPK dengan sistem CAT ini diikuti oleh 523 peserta dan akan dilaksanakan dalam satu hari," kata Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedi Triyadi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan tes tersebut akan berlangsung selama tujuh sesi dengan menggunakan tiga ruangan dimana setiap ruangan diisi  25 peserta sehingga pada setiap sesinya peserta yang mengikuti CAT sedikitnya 75 orang.

"Tujuh sesi ini dibagi menjadi tiga waktu dimana pagi dan siang kita masing-masing tiga sesi dan malam satu sesi," kata dia.

Nantinya, kata dia, pada setiap sesinya nilai dari para peserta calon PPK akan langsung dikeluarkan sehingga mereka bisa dapat mengetahui apakah lulus atau tidak ke tahapan berikutnya.

"Dari jumlah peserta itu kebanyakan adalah peserta baru dan belum pernah menjadi PPK tapi ada juga yang sudah pernah jadi PPK di pemilu kemarin," kata dia.

Dedi menyebutkan bahwa para peserta akan diberikan waktu selama 60 menit untuk mengerjakan 100 soal dan untuk materi dalam CAT itu meliputi tupoksi penyelenggara pemilu, kewilayahan, regulasi, kode etik, dan wawasan kebangsaan.

"Pada seleksi calon PPK ini pihaknya diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota dan juga ada KPU Provinsi sebagai supervisi agar kegiatan ini berjalan sesuai koridornya," katanya.