Jepang peringatkan risik ekonomi akibat wabah virus Wuhan

id risiko ekonomi,virus corona,wisawan China

Jepang peringatkan risik ekonomi akibat wabah virus Wuhan

Dokumen Foto: Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura menghadiri konferensi pers di kediaman resmi Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo, Jepang 11 September 2019. REUTERS/Issei Kato

Tokyo (ANTARA) - Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura pada Selasa memperingatkan bahwa keuntungan perusahaan dan produksi pabrik mungkin mendapat pukulan dari wabah virus corona di China yang telah mengguncang pasar global dan mendinginkan kepercayaan.

Saham-saham Asia memperpanjang aksi jual global ketika wabah di China, yang telah menewaskan 106 orang dan menyebar ke beberapa negara, memicu kekhawatiran atas kerusakan pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu -- mesin pertumbuhan global.

"Ada kekhawatiran mengenai dampak terhadap ekonomi global dari penyebaran infeksi di China, gangguan transportasi, pembatalan tur kelompok dari China dan perpanjangan dalam Liburan Tahun Baru Imlek," kata Nishimura dalam konferensi pers setelah pertemuan kabinet reguler.

"Jika situasinya membutuhkan waktu lebih lama untuk mereda, kami khawatir hal itu dapat merusak ekspor, produksi, dan keuntungan perusahaan Jepang melalui dampak pada konsumsi dan produksi China," katanya.



Produsen otomotif Honda Motor yang memiliki tiga pabrik di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei dan pusat penyebaran virus berencana untuk mengevakuasi beberapa staf.

China adalah tujuan ekspor terbesar kedua Jepang. Selain pembuat mobil, pengecer juga menjadi sangat tergantung pada negara itu di tengah pertumbuhan ekonomi Jepang yang lambat dan demografi yang menyusut.

Fast Retailing, yang mengoperasikan rantai pakaian kasual Uniqlo, mengatakan telah menutup sementara sekitar 100 toko di dan sekitar Hubei.

Raksasa ritel Aeon mengatakan pihaknya menjaga lima supermarket di Wuhan tetap terbuka setelah pemerintah setempat meminta mereka melanjutkan operasinya, meskipun beberapa toko malnya tutup.

Wabah ini dapat menghantam department store, pengecer dan hotel di Jepang, yang mengandalkan peningkatan penjualan dari arus masuk wisatawan China yang berkunjung selama Liburan Hari Raya Imlek.

Wisatawan asal China mencapai 30 persen dari total wisatawan yang mengunjungi Jepang dan hampir 40 persen dari total jumlah wisatawan asing yang membeli barang dan jasa tahun lalu, sebuah survei industri menunjukkan.

"Kami khawatir bahwa penjualan dan jumlah pembeli bisa turun jika wabah terus berlanjut," kata seorang pejabat hubungan masyarakat di Isetan Mitsukoshi Holdings, operator utama department store Jepang.



“Ini bukan hanya tentang wisatawan China. Kami juga khawatir bahwa kekhawatiran atas wabah ini dapat membuat pembeli Jepang tetap di rumah."

Ekonom di SMBC Nikko Securities memperkirakan bahwa jika larangan yang diberlakukan China pada wisata kelompok ke luar negeri berlangsung enam bulan lagi, itu bisa merugikan pertumbuhan ekonomi Jepang sebesar 0,05 persen.

Beberapa memperkirakan potensi kerusakan bisa jauh lebih buruk.

Hideo Kumano, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute, mengatakan penurunan wisatawan dari China dapat merusak pertumbuhan PDB Jepang hingga 0,2 persen.

"Kekhawatiran terbesar adalah risiko dampak negatif dari wabah itu berlanjut dan melanda (ekonomi) selama Olimpiade Tokyo," ketika sejumlah besar wisatawan China diperkirakan akan mengunjungi Jepang, katanya.

"Jika jumlah pengunjung berkurang daripada meningkat, pukulan terhadap industri konsumen Jepang akan cukup besar."

Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 pada Juli dan Agustus.