LAPAH edukasi masyarakat dengan seni

id Seni budaya, edukasi, event seni

LAPAH edukasi masyarakat dengan seni

Sejumlah penari tengah membawakan sejumlah karya olah tubuh dalam event seni LAPAH ke-4, Bandarlampung, Rabu 29/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Festival "LAPAH experimental mini dance" merupakan kegiatan triwulan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya seni. 

"Kali ini merupakan pertunjukan LAPAH keempat, dan digelar di pelataran yang berada di permukiman penduduk agar masyarakat umum dapat belajar tentang seni dengan gratis," kata Syntia Rivada, ketua pelaksana festival itu, di Bandarlampung, Rabu. 

Ia menjelaskan, event seni triwulan kali ini akan memamerkan berbagai karya seni seperti seni tari, instalasi, lukis, fotografi, musik, dan seni rupa untuk dinikmati oleh masyarakat. 

"Tujuan dari diadakannya event seni ini, selain sebagai wadah edukasi, kami juga ingin menunjukkan bahwa seni itu tidak eksklusif sehingga masyarakat dapat terus mencintainya, " katanya. 

Pada festival kali ini akan dihadirkan sejumlah praktisi seni asal Lampung untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat sekitar mengenai pentingnya seni. 

"Kami melaksanakan event ini di ruang publik atas permintaan masyarakat sekitar, seperti yang kita ketahui di Bandarlampung tidak banyak ruang untuk masyarakat belajar dan menikmati seni secara rutin, sehingga kami ingin menciptakan hal tersebut serta menjadikan pertunjukan seni sebagai salah satu daya tarik wisata di Lampung " ujar Art Creative Dian Arza Dance Company, Putra Agung. 

Ia mengatakan, respons masyarakat akan seni terus berkembang positif sehingga diperlukan edukasi dan pertunjukan secara rutin guna memfasilitasi masyarakat untuk berkesenian. 

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu seniman Lampung Ayu Permata Sari. 

"Seni merupakan wujud bebas berekspresi, dimana seni merupakan salah satu bentuk refleksi kehidupan sehingga perlu wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan bakat dalam berkesenian, " kata Ayu Permata Sari, salah seorang seniman Lampung. 


Baca juga: Pertunjukan seni "Langir" momen kontemplasi di tahun 2020