Masyarakat respons positif langkah preventif pemerintah atasi penyebaran virus corona

id Antisipasi Corona, virus corona

Masyarakat respons positif langkah preventif pemerintah atasi penyebaran virus corona

Sejumlah petugas Bandara Raden Inten II tengah mendeteksi suhu tubuh masyarakat di pintu kedatangan menggunakan Thermal Scanner, Lampung Selatan, Selasa 28/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Sejumlah masyarakat Bandarlampung menanggapi positif langkah antisipasi pemerintah pusat dan daerah dalam mencegah penyebaran virus corona. 

"Langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat ataupun daerah sejauh ini untuk mengantisipasi persebaran virus corona, telah sedikit mengurangi kekhawatiran sebab telah ada tindakan secara langsung, " ujar Renatha salah seorang warga Bandarlampung, di Bandarlampung, Selasa. 

Ia mengatakan, tindakan preventif pemerintah dengan memasang alat deteksi suhu tubuh (thermal scanner) di bandara dan pelabuhan membuat masyarakat yang hendak bepergian merasa aman. 

Langkah preventif lain yang dilakukan Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri, yaitu dengan memberi imbauan perjalanan atau travel advisory bagi masyarakat Indonesia yang berniat berpergian ke China, terkait penyebaran virus corona atau 2019-nCoV.

"Saya hari ini baru saja tiba dari bepergian menggunakan pesawat terbang dan melihat ada thermal scanner di bandara membuat kekhawatiran akan persebaran virus berkurang, meski masih tetap waspada dan kini saya telah mengurangi bepergian keluar negeri, " katanya. 

Hal serupa juga dikatakan oleh Citra salah seorang warga Bandarlampung. 

"Sejauh ini banyak langkah antisipasi yang telah dilakukan oleh semua pihak untuk mencegah persebaran virus corona, dengan adanya langkah tersebut mampu mengurangi kekhawatiran dan kepanikan akan terjangkit virus corona, " ujar Citra, salah seorang warga Bandarlampung. 

Menurutnya, langkah preventif tidak hanya perlu dilakukan oleh pemerintah atau instansi terkait melainkan perlu adanya peran serta dari masyarakat sendiri dalam mengantisipasi persebaran virus corona. 

"Dari diri sendiri kita perlu menjaga pola hidup bersih dan sehat agar imunitas tubuh terjaga, lalu kita juga perlu meminimalisir persebaran hoax di masyarakat dengan memilah informasi yang tersebar di masyarakat, " ujarnya. 

Baca juga: Terkait virus corona, pemerintah keluarkan imbauan perjalanan ke China
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar