Kembangkan pariwisata, Pemkab Minahasa Tenggara gandeng Badung Bali

id pariwisata,wisata bali

Kembangkan pariwisata, Pemkab Minahasa Tenggara gandeng Badung Bali

Bupati James Sumendap (keempat kanan) memimpin delegasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara melakukan pembicaraan dengan Pemkab Badung dalam upaya pengembangan pariwisata. (1)

"Kami perlu untuk menggandeng Pemkab Badung di Bali yang telah memiliki pengalaman dalam pengelolaan pariwisata secara profesional," kata James, di Badung, Senin.
Minahasa Tenggara (ANTARA) - Delegasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara,  dipimpin Bupati James Sumendap melakukan pembicaraan dengan Pemkab Badung, Bali, terkait upaya pengembangan pariwisata.

"Kami perlu untuk menggandeng Pemkab Badung di Bali yang telah memiliki pengalaman dalam pengelolaan pariwisata secara profesional," kata James, di Badung, Senin.

Dia mengungkapkan, Kabupaten Minahasa Tenggara sedang fokus untuk mengembangkan pariwisata sebagai salah satu program strategis yang dapat mendorong perekonomian daerah.

"Kami sudah fokus untuk mengembangkan pariwisata. Berbagai potensi alam baik laut, hutan dan gunung yang ada di Minahasa Tenggara akan menjadi perhatian serius kami di tahun 2020 untuk terus dikembangkan," ujar James yang didampingi Staf Khusus Bupati Tony Pandaleke, Kabag Umum Setda Arce Kalalo, Kasub Protokol Ezra Tumigolug.

James mengakui, Bali merupakan kawasan pariwisata besar yang memiliki keunikan karena pariwisata yang dibangun berbasis kearifan lokal.

"Saya akan tugaskan Kadis Pariwisata untuk menindaklanjuti hal-hal teknis yang akan dituangkan dalam nota kerja sama ini agar pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara bisa berkembang dengan baik dan dapat menjadi salah satu sektor pendapatan daerah dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat pula," katanya pula.
Baca juga: Ancaman Virus Corona, industri hotel di Bali tak kenakan biaya pembatalan wisatawan China

Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengungkapkan, proses mengembangkan pariwisata di daerahnya memerlukan dukungan dan keterlibatan semua pihak.

"Masyarakat Bali secara umum memahami lebih dahulu apa yang bisa dan tidak bisa diterima, jadi karakter masyarakat yang siap menerima berbagai bentuk budaya luar. Tetapi kemudian tidak terpengaruh adalah kunci suksesnya sektor pariwisata di Bali, karena itulah kemudian dikatakan pariwisata Bali dibangun dengan kearifan lokal," ungkap I Made Badra.
Baca juga: Pemprov Bali imbau industri pariwisata tak resah terkait penyebaran Virus Corona

Pada pertemuan ini juga disepakati bahwa Pemkab Badung dan Pemkab Minahasa Tenggara akan membangun kerja sama dalam rangka membangun pariwisata.

"Jika kerja sama telah dilakukan maka destinasi wisata yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara akan juga kami promosikan baik di dalam maupun di luar negeri sebagaimana yang selama ini kami lakukan untuk promosi pariwisata yang ada di Bali," pungkasnya.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar