Bandara Raden Inten II siap antisipasi virus corona

id Antisipasi Corona, Bandara Raden II

Bandara Raden Inten II siap antisipasi virus corona

Kepala Bandara Raden Inten II Asep Kosasih Samapta tengah memberikan tanggapan mengenai langkah antisipasi persebaran Virus Corona di Provinsi Lampung melalui Bandara, Bandarlampung, Senin 27/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Bandara Raden Inten II siap mengantisipasi persebaran virus corona dari pintu kedatangan bandara dengan melakukan beragam tindakan preventif. 

"Terkait dengan antisipasi penanganan virus corona, kami telah mendapatkan perintah langsung dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II selaku penyelenggara bandara, dan semua tindakan secara informal telah dilakukan sejak jauh hari sehingga saat ini semua telah siap, " kata Kepala Bandara Raden Inten II Asep Kosasih Samapta, di Bandarlampung, Senin. 

Menurutnya, tindakan preventif telah dilakukan meliputi penyediaan fasilitas, infrastruktur dan petugas untuk membantu Kantor Kesehatan Kelas II Panjang melakukan pemeriksaan. 

"Untuk sementara penerbangan kita ke negara terduga belum ada sehingga masih minim adanya interaksi langsung melalui bandara, namun kami tetap menyediakan ruang karantina dan thermal scanner untuk langkah antisipasi, " ujarnya. 

Novel Corona Virus (2019-nCoV) merupakan virus baru yang menyerupai virus penyebab SARS dan MERS yang menyerang saluran pernafasan, dengan indikasi demam, batuk, sakit tenggorokan, dan gangguan pernafasan. 

"Kami juga melakukan  bentuk preventif lain untuk mencegah penyebaran virus corona, yaitu dengan mengadakan rapat COMFAL (Committee Facilitation)  yang terdiri atas instansi yang berkompeten dalam penanganan operasi Bandara Internasional untuk menjaga sinergitas dalam menangani kasus ini, " katanya. 

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir akan penyebaran virus corona melalui bandara, sebab Bandara Beranti memiliki Emergency Operating Center (EOC) guna menangani beragam kasus penting. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir terjangkit sebab pemerintah pusat dan daerah tidak tinggal diam dan terus melakukan beragam upaya preventif, terlebih lagi Bandara Raden Inten II memiliki Emergency Operating Center (EOC) sehingga kami tinggal Click On ketika ada kasus krusial, " ujarnya. 


Baca juga: Gubernur Lampung terapkan tiga langkah antisipasi virus corona