Dinkes Lampung minta masyarakat tak panik

id Lampung, virus corona, dinkes lampung, kesehatan,Wuhan

Dinkes Lampung minta masyarakat tak panik

Seorang petugas medis menangani pasien yang terduga terkena virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, China, Jumat (24/1/2020) ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa.

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana meminta masyarakat tidak panik terkait merebaknya penyakit pneumonia yang disebabkan oleh novel corona virus (nCov), karena sejauh ini belum ada kasus penyebaran virus itu di Indonesia.

"Sejauh ini belum ada kasus mengenai virus tersebut. Semoga  Lampung tidak ada yang terjangkit penyakit yang belum ada obatnya ini," kata Reihana, di Bandarlampung. Senin
Baca juga: 80 orang tewas dan 2.744 orang terinfeksi di daratan China

Menurutnya, sudah ada surat edaran kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia dan Kantor Kesehatan Pelabuhan tentang kesiapsiagaan dan upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia dari China ke Indonesia serta kesiapan rumah sakit dalam tatalaksana penyakit ini sebagai penyakit new emerging disease.

Selanjutnya, penyiapan pedoman kesiapsiagaan menghadapi nCov yang meliputi deteksi, manajemen klinis, laboratorium dan komunikasi resiko, dan  melakukan identifikasi daerah-daerah berisiko yang memiliki akses langsung ke China, baik melalui udara maupun laut.

Selain itu, menyediakan thermal scanner di pintu masuk negara untuk mendeteksi gejala awal nCov.
Baca juga: China uji coba obat HIV untuk atasi virus corona baru

"Kita akan menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat melalui semua jenis media secara masif karena ini dirasa sangat ampuh untuk bisa menanggulanginya," katanya

Reihana mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan dalam menangani nCov melalui berbagai mekanisme seperti webinar.

Melakukan koordinasi lintas sektor termasuk maskapai penerbangan untuk pendistribusian health allert card, table top excercise untuk memastikan kesiapan seluruh pihak terkait dan akan memonitor terus menerus situasi global.

Untuk menanggulanginya masyarakat akan di berikan imbaun seperti diminta tidak panik dan jangan menyebarkan informasi berdasarkan asumsi yang belum dipastikan kebenarannya serta menghindari kontak langsung dengan hewan.

Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, jika mengalami sakit batuk gunakan masker dan jangan batuk/bersin sembarangan.

Menjaga selalu higiene sanitasi serta selalu terapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang dan istirahat yang cukup dan jklika sakit segera memeriksa  diri segera ke petugas kesehatan.

Baca juga: Gubernur Lampung terapkan tiga langkah antisipasi virus corona
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar