Pariwisata Bandarlampung perlu dikelola dengan baik

id rycko menoza, pariwisata bandarlampung, pantai bandarlampung

Pariwisata Bandarlampung perlu dikelola dengan baik

Tokoh pemuda Lampung Rycko Menoza (kanan). (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Oleh karena itu wilayah ini perlu penataan agar bersih dan menjadi wilayah percontohan sebagai objek wisata dan menjadi objek wisata baru di Bandarlampung, jelasnya
Bandarlampung (ANTARA) - Pariwisata di Kota Bandarlampung perlu dikelola dengan baik mengingat saat ini sektor tersebut masih kalah dibandingkan dengan daerah lain di Lampung.

"Sampai saat ini, Bandarlampung bisa dikatakan tidak memiliki objek wisata unggulan karena wisatawan hanya numpang lewat dan mengunjungi objek wisata di luar kota setempat, seperti di Kabupaten Pesawaran yang lebih banyak menyerap wisatawan dari luar daerah," kata tokoh pemuda Lampung Rycko Menoza, di Bandarlampung, Minggu.

Karena itu, lanjut dia, ke depan perlu menginventarisasi seluruh objek wisata yang ada untuk dikelola dengan baik sebagai salah satu objek wisata baru untuk mendatangkan pengunjung.

Menurut dia, Bandarlampung mempunyai banyak potensi wisata padahal jika bisa mengelola dengan baik akan menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Selain itu, juga perlu penyediaan road map wisata atau peta perjalanan untuk wisatawan yang berkunjung termasuk penyediaan kendaraan untuk menuju objek-objek wisata tertentu.

Rycko menjelaskan, Bandarlampung memiliki garis pantai seluas 27 kilometer namun sampai saat ini tidak dikelola dengan baik, hanya menjadi wilayah kumuh yang dipenuhi sampah sejak bertahun-tahun.

"Oleh karena itu wilayah ini perlu penataan agar bersih dan menjadi wilayah percontohan sebagai objek wisata dan menjadi objek wisata baru di Bandarlampung," jelasnya.

Rycko yang juga ketua MPW Pemuda Pancasila itu mengatakan sejak dibangun jalan tol, banyak wisatawan dari luar daerah seperti Kota Palembang (Sumsel) yang datang ke Lampung untuk berwisata menikmati keindahan laut karena daerah itu  tidak memiliki laut.

"Jika laut dikelola dengan baik maka akan menarik wisatawan berkunjung, yang tentu menambah pendapatan masyarakat sekitarnya," tambah bakal calon Wali Kota Bandarlampung tersebut.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar