Pemkot Bandarlampung segera rampungkan smart city

id Pemkot Bandarlampung,Smart city

Pemkot Bandarlampung segera rampungkan smart city

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandarlampung, Ahmad Nurizki saat dimintai keterangan, Minggu (26/1/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna

Pemkot Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung akan segera merampungkan proyek smart city (kota cerdas) di tahun 2020, apalagi Diskominfio setempat sudah membuat jaringannya di 20 kecamatan dan kantor dinas yang ada.

"Yang sudah kita lakukan untuk menuju smart city di kota ini yakni telah membangun jaringan di semua kecamatan dan kantor dinas sebagai jembatan untuk perangkat lainnya yang akan kita pasang," kata Kadis Kominfo Kota Bandarlampung, Ahmad Nurizki, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menegaskan bahwa tahun ini, pihaknya akan menambah beberapa item yang diperlukan untuk membackup data center dan membangun Command Center (pusat komando).

"Jadi ke depan pusat komando akan berada di sini yang bisa berintegrasi langsung ke semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bandarlampung," kata dia.

Kemudian, Diskominfo juga akan membuat video conference yang diperuntukkan pimpinan berkomunikasi secara langsung dengan semua dinas baik yang ada di dalam lingkungan pemerintahan maupun di luar.

Ia menjelaskan bahwa sebelum merampungkan proyek ini pihaknya sudah banyak belajar dengan melakukan kunjungan ke berbagai daerah yang terlebih dahulu memiliki atau menjalankan smart city-nya seperti Bandung, Semarang, Deli Serdang dan Living Telkom.

"Kita nanti akan membuat aplikasinya sendiri dan bisa saja dikombinasikan dengan aplikasi lainnya," jelasnya.

Rizki sapaan akrabnya berharap dengan adanya smart city dan kemajuan teknologi yang pesat, ke depan akan mempermudah pelayanan dan koordinasi baik kepada masyarakat maupun OPD.

"Kita doakan saja semoga semua rencana ini berjalan dengan baik tanpa hambatan," kata dia.