Tingkatkan kunjungan wisatawan, PHRI Sumsel dorong pemda kembangkan wisata unggulan

id phri, disbudpar, potensi pariwisata, promosi pariwista, wisatwan asing, wisata unggulan,phri sumsel kembangkan wisata un,wisata sumsel

Tingkatkan kunjungan wisatawan, PHRI Sumsel dorong pemda kembangkan wisata unggulan

Arsip - Pemandangan di Sungai Musi, tak jauh dari jembatan Ampera, Palembang, Sumsel. (ANTARA/Eric Ireng)

"Provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini memiliki banyak wisata unggulan baik wisata alam, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner, untuk menarik wisatawan mengunjunginya perlu dilakukan pengembangan," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palem
Palembang (ANTARA) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan mendorong pemerintah daerah setempat mengembangkan potensi wisata unggulan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini memiliki banyak wisata unggulan baik wisata alam, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner, untuk menarik wisatawan mengunjunginya perlu dilakukan pengembangan," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Kamis.
Baca juga: Danau Ranau Sumsel dipadati wisatawan selama libur tahun baru

Daerah yang memiliki keunggulan wisata alam harus serius menatanya dan membangun fasilitas pendukung, seperti jalan, tempat bersantai dan menginap.

Begitu juga yang memiliki keunggulan wisata budaya, harus mampu mengemas potensi tersebut secara baik sehingga dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Sebagai gambaran Pemerintah Kota Palembang saat ini terus berupaya memanfaatkan Sungai Musi yang mengalir di daerah tersebut menjadi tempat wisata menarik.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan jumlah kunjungan wisatawan, terutama wisatawan asing ke daerah itu sekitar 40.000 orang per tahun dapat meningkat dan mendorong bisnis sektor pariwisata berkembang lebih baik, ujar Herlan.
Baca juga: Pemprov Sumsel segera optimalkan pariwisata respons keberadaan jalan tol

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syarkomi menambahkan pihaknya berupaya mendata potensi wisata yang ada di setiap kabupaten dan kota untuk dikembangkan secara maksimal.

Setiap daerah memiliki beberapa objek wisata menarik, satu atau dua objek yang ada di masing-masing kabupaten/kota itu akan didorong menjadi daerah tujuan wisata unggulan dengan sarana prasarana pendukung yang lengkap dan memadai, kata Aufa.