Anggota PPK diwajibkan tes Kesehatan dan bebas narkoba

id KPU Bandarlampunh,PPK tes kesehatan

Anggota PPK diwajibkan tes Kesehatan dan bebas narkoba

KPU Bandarlampung dan Dinas Kesehatan Kota Bansarlampung saat melakukan rapat koordinasi terkait tes kesehatan calon PPK, Jumat.(24/1/2020) (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Seluruh calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Bandarlampung yang telah lulus tes tertulis Computer Assisted Test  (CAT) diwajibkan untuk melakukan tes kesehatan jasmani dan bebas narkoba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A. Dadi Tjokrodipo, Bandarlampung.

"Tes kesehatan ini diberlakukan untuk para calon PPK yang telah lulus CAT dan akan dilakukan selama tiga hari, dan akan dimulai pada tanggal 3 atau 4 Februari 2029," kata Komisioner KPU Kota Bandarlampung, Dedi Triyadi, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan para calon PPK ini nantinya akan melakukan tiga tahapan tes kesehatan yakni tes jantung (EKG),darah dan tes urine. Selain itu BNN Provinsi Lampung akan ikut membantu untuk tes melakukan tes narkobanya.

"Semua tes tersebut tetap di satu tempat RSUD A Dadi Tjokrodipo jadi tes Narkoba juga di sana," katanya.

Dedi mengungkapkan bahwa tes kesehatan yang dilakukan oleh para calon PPK tersebut tidak akan dikenakan biaya sebab pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pemerintah kota demi kelancaran Pilkada serentak 2020 di Bandarlampung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli menyatakan kesiapannya dalam mengawal dan mendampingi KPU dalam melaksanakan tes kesehatan bagi para calon PPK.

Menurut dia, ketiga jenis tes yang akan dilakukan tersebut sudah cukup representatif untuk mendapat informasi kesehatan PPK sesuai dengan tuntutan kerjanya. 

"kami akan dampingi KPU untuk membaca hasil tes kesehatan pada tahap wawancara", katanya.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar