Taekwondoin muda Sulteng menjalani pelatnas jangka panjang

id KONI,taekwondo,pelatnas jangka panjang

Taekwondoin muda Sulteng menjalani pelatnas jangka panjang

Ilustrasi kejuaraan taekwondo

Palu (ANTARA) - Seorang atlet putri asal Sulawesi Tengah yang kini masih menempuh pendidikan di salah satu SMA Negeri di Kota Palu akan menjalani pelatihan nasional (pelatnas) jangka panjang.

Ketua Umum KONI Sulawesi Tengah, Anwar Ponulele di Palu, Jumat, membenarkan beberapa atlet Sulteng sedang menjalani pelatnas di Jakarta.

Salah satu atlet yang akan menjalani pelatnas jangka panjang mulai 2020 ini adalah Siti Mariam, atlet cabang olahraga taekwondo yang pada Popnas 2019 berhasil merebut medali perunggu.

Siti Mariam, kata dia, kini masih bersekolah di SMA Negeri 5 Palu dan selama ini dia menjalani pembinaan di Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng.

PPLP itu berada di Kota Palu dan hingga kini sudah membina beberapa cabang olahraga seperti dayung, judo, taekwondo, sepak takraw, dan tinju.

Cabang-cabang tersebut, kata Anwar merupakan cabang unggulan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung di Provinsi Papua pada 2020 ini.

Sesuai data di Kantor KONI Sulteng, kehadiran PPLP/PPLD dan SKO di Sulteng sudah banyak memberikan kontribusi besar bukan hanya untuk daerah saja tetapi juga tingkat nasional.

Menurut dia, atlet yang berhasil mengukir prestasi sangat berpeluang besar untuk menjalani pelatnas. "Selama ini telah terbukti ada banyak atlet Sulteng yang dipanggil mengikuti pelatnas di Jakarta dan mereka beberapa kali membela tim Merah Putih di event internasional, termasuk SEA Games dan Asian Games," katanya.

Untuk persiapan PON di Papua, Anwar mengatakan sudah tercatat 17 cabang yang lolos ke PON XX/Papua. Namun, ia menambahkan, masih ada beberapa cabang lagi yang sedang dan akan melaksanakan prakualifikasi dan diharapkan bisa meraih tiket ke PON.

Sulteng sangat berharap bisa merubah peta prestasi di PON dari posisi papan bawah, meningkat ke peringkat lebih baik lagi. "Insya Allah dengan tekad dan proses pembinaan dan latihan yang teratur, target itu bisa tercapai," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar