Liverpool kembali unggul 16 poin usai redam Wolverhampton 2-1

id liverpool,wolverhampton,liga inggris,roberto firmino,jordan henderson,raul jimenez

Liverpool kembali unggul 16 poin usai redam Wolverhampton 2-1

Penyerang Liverpool Roberto Firmino (kanan) melakukan selebrasi bersama Jordan Henderson seusai mencetak gol penentu kemenangan atas Wolverhampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Kamis (23/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Yates)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool meredam tuan rumah Wolverhampton dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-24 Liga Inggris di Stadion Molineux, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Wolverhampton yang tertinggal lebih dulu akibat tandukan Jordan Henderson sempat bangkit menyamakan kedudukan melalui Raul Jimenez, tetapi Roberto Firmino naik ke atas panggung jadi penentu kemenangan Liverpool.

Kemenangan itu praktis membuat Liverpool kini mengumpulkan 67 poin di puncak klasemen dan merestorasi keunggulan 16 poin atas Manchester City (51) di posisi kedua.

Sedangkan Wolverhampton (34) gagal beranjak dari urutan ketujuh klasemen, setelah dilompati Tottenham Hotspur (34) sehari sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Wolverhampton tampil begitu meledak-ledak hingga 15 menit pertama pertandingan, tapi justru Liverpool yang lebih dulu unggul berkat tandukan Henderson menyambut situasi tendangan sudut pada delapan menit setelah sepak mula.

Tuan rumah berkesempatan membalas lewat trik sepak pojok unik, tapi Matt Doherty menyundul bola melenceng dari sasaran meski tanpa kawalan pemain lawan.

Sedangkan Mohamed Salah mengambil keputusan keliru ketika menerima umpan matang dari Sadio Mane, dan jalur tembakannya terlanjur ditutup oleh para pemain Wolverhampton.

Setelah 30-an menit pertandingan berjalan, Mane terlihat kesakitan dan meminta ditarik keluar. Klopp mengabulkannya dan mengirim Takumi Minamino masuk melakoni debutnya untuk Liverpool di Liga Inggris pada menit ke-33.

Tempo pertandingan cenderung melambat dengan Liverpool memilih bermain sabar dan Wolverhampton tampak kesulitan mencari celah pertahanan tamunya, dan skor tak berubah hingga waktunya turun minum termasuk ketika lagi-lagi peluang Salah dihalau Doherty sebelum mudah dijinakkan kiper Rui Patricio.

Liverpool memulai babak kedua dengan ancaman berbahaya, tapi tembakan Salah berhasil dimentahkan oleh Patricio dan Wolverhampton justru sukses menyamakan kedudukan lewat kerja sama apik Adama Traore dan Jimenez.

Jimenez cermat melihat Traore yang bebas di sisi kiri pertahanan Liverpool dan bola dikembalikan menjadi umpan silang yang ditanduk penyerang Meksiko untuk menjebol gawang Liverpool. Raib sudah peluang Liverpool memperpanjang catatan nirbobol mereka menjadi delapan pertandingan.

Sejak itu Wolverhampton tampak memperoleh momentum kebangkitan dan beberapa kali mengancam gawang tamunya, tetapi tembakan Traore dan Jimenez bisa dihalau oleh Alisson.

Di sisi gawang berbeda, Patricio juga sukses menghentikan tembakan Salah dan Firmino. Tetapi pada menit ke-84 Patricio tak berkutik menyaksikan bola tembakan Firmino bersarang ke dalam gawangnya.

Berawal dari aksi menawan Salah, bola diambil oleh Henderson untuk disodorkan kepada Firmino yang berdiri di posisi aman untuk melepaskan tembakan keras menggunakan kaki kirinya ke area tiang jauh. Liverpool unggul lagi 2-1.

Selanjutnya Liverpool berjibaku untuk mempertahankan keunggulan mereka dan tugas itu berhasil dilakukan untuk melanjutkan rentetan kemenangan mereka mencapai 14 pertandingan beruntun.

Susunan pemain:

Wolverhampton (3-4-3): Rui Patricio; Leander Dendoncker, Conor Coady, Romain Saiss; Matt Doherty, Joao Moutinho (Morgan Gibbs-White), Ruben Neves, Jonny; Adama Traore, Raul Jimenez, Pedro Neto (Diogo Jota)
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Alex Oxlade-Chamberlain (Fabinho); Mohamed Salah (Divock Origi), Roberto Firmino, Sadio Mane (Takumi Minamino)
Pelatih: Juergen Klopp
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar