Gerakan Ayo Kuliah fasilitasi anak-anak PKH melanjutkan pendidikan

id Gerakan ayo kuliah, pkh lampung

Gerakan Ayo Kuliah fasilitasi anak-anak PKH melanjutkan pendidikan

Gerakan Ayo Kuliah sebagai salah satu program pembinaan PKH telah memfasilitasi anak PKH berprestasi, Bandarlampung, Kamis 23/01/2020 (ANTARA/HO-internet)

Bandar Lampung (ANTARA) - Gerakan Ayo Kuliah sebagai salah satu inovasi Program Keluarga Harapan (PKH) Lampung sukses memfasilitasi anak-anak PKH berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang  pendidikan tinggi.

"Sejak tahun 2017 hingga 2019 total telah ada 350 anak PKH dari 15 Kabupaten/Kota yang sudah di terima di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, dan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya,"ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan, Gerakan Ayo Kuliah yang merupakan salah satu inovasi PKH Lampung dilakukan dengan serangkaian kegiatan, seperti pemetaan potensi anak PKH saat di bangku sekolah menengah atas, pelaksanaan edukasi dan motivasi, pendampingan saat mendaftar, dan advokasi proses seleksi.

"Gerakan Ayo Kuliah bagi anak PKH yang berprestasi dilakukan dengan serangkaian proses yang langsung di tangani oleh pendamping PKH dan Dinas Sosial, agar anak-anak berprestasi ini dapat terus melanjutkan pendidikan dan menjadi contoh bagi keluarga dan lingkungan," ujarnya.

Dalam jangka waktu tiga tahun anak PKH berprestasi yang tergabung dalam Gerakan Ayo Kuliah mengalami peningkatan.

"Ada peningkatan sejak tiga tahun ini, pada tahun 2017 ada sebanyak 29 anak, 2018 sebanyak 87 anak, dan 2019 ada 234 anak keluarga penerima PKH yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ujarnya.

Menurut Sumarju Saeni, dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, kabupaten Lampung Barat memiliki total anak berprestasi dari keluarga penerima PKH yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbanyak, yaitu sebanyak 106 anak sejak tahun 2017 hingga 2019.

"Harapan kedepan melalui program Gerakan Ayo Kuliah akan lebih banyak anak dari keluarga penerima PKH di Provinsi Lampung yang dapat meraih cita-cita dan mendapatkan pendidikan yang lebih baik, peran serta dan dukungan pemerintah pusat dan daerah juga di butuhkan agar program ini dapat terus membantu menyejahterakan masyarakat," katanya.


Baca juga: 5.962 penerima PKH Lampung kini jadi sejahtera
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar