Rycko Menoza gagas pembangunan monorel

id rycko menoza szp, balon wali kota, kota bandarlampung, bangun monorel

Rycko Menoza gagas pembangunan monorel

Bakal calon wali kota Bandarlampung, Rycko Menoza SZP (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Bakal calon wali kota Bandarlampung Rycko Menoza SZP menggagas pembangunan monorel guna memperlancar arus transportasi di kota tersebut.

"Saya ingin Bandarlampung ini bisa menjadi kota metropolitan. Dari Rajabasa sampai ke Pasar Tengah akan kita bangun monorel. Sudah saatnya era ke depan adalah kota metropolitan bukan lagi soal pembangunan flyover dan underpass," ujar Rycko, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berencana akan membangun kereta Bandara Raden Inten menuju Rajabasa Bandarlampung atau sebaliknya.

Karena itu, dirinya akan menggagas pembangunan monorel tersebut dari Rajabasa menuju pusat kota di Pasar Tengah.

"Banyak potensi di Bandarlampung yang seharusnya bisa dikembangkan dalam skala metropolitan dan ini yang belum terlihat. Jadi bukan cuma bersaing dengan kabupaten/kota, tapi lebih kearah metropolitan seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia," lanjut putra sulung Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Sjachroedin ZP, tersebut.

Rycko menilai suatu daerah dikatakan sebagai kota metropolitan salah satunya apabila wilayah tersebut telah memiliki angkutan massal yang memadai.

"Kota metropolitan itu bukan dilihat dari banyaknya kendaraan pribadi berlalu lalang di jalanan, tapi adanya angkutan massal yang digunakan masyarakat sebagai alat transportasinya," tambah dia.