Hutan albasia Desa Kuala Dua diubah jadi kawasan wisata baru

id hutan albasia, wisata kubu raya

Hutan albasia Desa Kuala Dua diubah jadi kawasan wisata baru

Kawasan hutan Albasia Desa Kuala Dua kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, mulai ramai dikunjungi masyarakat sebagai tempat wisata baru di Kubu Raya (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pemerintah Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya menjadikan Hutan Albasia yang ada di dalam kawasan desa tersebut sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Kubu Raya.
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya menjadikan Hutan Albasia yang ada di dalam kawasan desa tersebut sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Kubu Raya.

"Saya merasa bersyukur, warga Desa Kuala Dua saat ini sudah menunjukkan taringnya dengan berbagai kreatifitas dan inovasi yang diciptakan pemuda di Desa ini sudah menunjukkan apa yang sudah diharapkan selama ini," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Menurutnya, dengan kekompakan anak muda di desa ini yang mampu memunculkan ide yang alamiah dan berinisiatif memberikan warna tersendiri dan menurutnya saat ini kita berusaha menciptakan di manapun itu lokasinya untuk dijadikan tempat yang menyenangkan dan menjadi edukasi bagi generasi muda.

Pada kesempatan itu, Bupati Muda mengajak semua warga Desa Kuala Dua menyatukan tekad bersama bahwa Hutan Albasia ini perlu di gelorakan menjadi suatu Destinasi wisata.

"Insya Allah Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak akan mengabaikannya dan hal ini sudah bisa dimasukkan ke dalam destinasi wisata Kubu Raya, karena posisinya tidak terlalu jauh dan Hutan Albasianya juga cukup lumayan memberikan ruang yang baik bagi kreatifitas, tinggal bagaimana kita selalu berusaha menggali kegiatan yang digabungkan dengan berbagai ragam budaya dan sebagainya," ujarnya pula.
Baca juga: Pemkab Kubu Raya buka pendaftaran KRTV Fest 2020 hingga 22 Januari


Muda menambahkan dengan ragam budaya yang cukup kompleks, menurutnya, Kubu Raya kaya akan hal-hal yang bisa menggelorakan semangat masyarakat di dalamnya maupun orang-orang dari luar.

Dia menjelaskan, saat ini Pemerintah Kubu Raya telah menginisiasi Kubu Raya Traveler-Tourism Vlog (KRTV) dan dirinya menginginkan untuk mengajak semua anak-anak muda mendalami, mengenali dan juga sekaligus mempromosikan serta menjelajah destinasi wisata yang ada di daerah ini.

"Terkadang para orang tua banyak yang tidak tahu, tapi dengan hal sederhana seperti KRTV ini, anak-anak muda bisa mengenalinya. Karena wisata di Kubu Raya banyak dan luas dan semuanya wisata yang sifatnya menyenangkan, membahagiakan dan bernilai edukasi serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Apa yang kita lakukan dengan KRTV ini mudah-mudahan memberi peluang bagi promosi destinasi wisata Hutan Albasia dari Kubu Raya untuk Indonesia", kata Bupati.


Perekonomian keluarga

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengapresiasi PT Alas Kusuma yang telah memfasilitasi dan memberikan ruang seluas-luasnya serta kebebasan kepada pihaknya untuk dapat berkreasi di Hutan Albasia ini, sehingga langkah ini akan menjadikan Desa Kuala Dua bisa lebih baik lagi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya, baik itu komunitas pecinta alam dari kaum anak-anak, remaja dan orang tua untuk bersama-sama menjaga Hutan Albasia ini agar senantiasa aman, kondusif, tentram dan sejahtera yang penuh dengan suasana kekeluargaan", ungkap Kepala Desa Kuala Dua Abbas.

Abbas memaparkan, dengan suasana yang ada di Hutan Albasia ini, tentunya masyarakat bisa menikmati berbagai menu masakan tradisional yang dijual warga sekitar. Tentunya kondisi ini juga memberikan peluang bagi warga dalam menambah penghasilannya dan ini juga berdampak pada meningkatnya perekonomian rumah tangga.

"Saya harapkan, ke depan kita semua harus tetap bersinergi untuk bersama-sama memajukan Desa Kuala Dua ini agar lebih baik lagi. Sehingga dapat menampung ramainya pengunjung dan semakin kreatif dan menjadi magnet bagi warga di Kalbar, di provinsi lain dan bahkan bagi wisatawan asing", katanya.
Baca juga: Pemkab Kubu Raya gelar kembali Gerakan Wisata Tanam Padi Milenial

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Daerah Pemilihan (Dapil) Sungai Raya II Umi Kulsum memaparkan, Hutan Albasia ini merupakan wisata baru yang sangat menarik sekali dan albasia ini adalah tempat yang tidak pernah terjamah oleh manusia sebelumnya. Tapi sekarang dari anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua sangat antusias untuk menikmati suasana alam Hutan Albasia.

"Mungkin dulunya para orang tua di Desa Kuala Dua ini kalau berwisata harus pergi ke jungkat, pasir panjang ataupun daerah wisata lainnya, namun dengan adanya wisata Hutan Albasia ini bisa menikmati liburan di sini bersama keluarga dan di sini juga bisa dijadikan tempat bertukar fikiran baik dari segi ilmu, pengalaman dan sebagainya," kata Umi Kulsum.*
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar