Ajax kian perkasa di puncak setelah tundukkan Sparta Rotterdam

id ajax,sparta rotterdam,liga belanda,donny van de beek,ryan gravenberch,joel piroe

Ajax kian perkasa di puncak setelah tundukkan Sparta Rotterdam

Gelandang Ajax Donny van de Beek (kanan atas) mencetak gol ke gawang Sparta Rotterdam dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu (19/1/2020). (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax kian memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Belanda setelah menundukkan Sparta Rotterdam 2-1 dalam laga pekan ke-19 di Stadion Johan Crujff Arena, Minggu.

Gol Donny van de Beek dan Ryan Gravenberch untuk Ajax cuma bisa dibalas sekali oleh tim tamu melalui Joel Piroe, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu membuat tim besutan Erik ten Hag kian nyaman bercokol di puncak klasemen dengan koleksi 47 poin, unggul enam poin dari tim urutan kedua AZ Alkmaar (41) yang kalah sehari sebelumnya, sedangkan Sparta (23) tertahan di urutan ke-11.



Tekanan yang dilancarkan Ajax sejak sepak mula membuahkan hasil pada menit ke-15 ketika umpan Quincy Promes diselesaikan dengan sempurna oleh Van de Beek di muka gawang.

Hingga setengah jam pertandingan berjalan Ajax terus menguasai keadaan tetapi tak kunjung mampu menggandakan keunggulan mereka setelah kiper Ariel Harush mengamankan tembakan Hakim Ziyech dan Quincy Promes.

Tim tamu balas mengancam lewat situasi pojok, tetapi tandukan Ragnar Ache bisa diamankan kiper Andre Onana dan keunggulan Ajax tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Ajax kembali menggempur pertahanan Sparta hingga sukses menggandakan keunggulan lewat sontekan Gravenberch menyelesaikan bola sodoran Jurgen Ekkelenkamp pada menit ke-60.



Tuan rumah sempat dibayangi ancaman ketika Sparta bangkit di 30 menit terakhir laga dan publik Johan Crujff Arena bernafas lega ketika bola tendangan Abou Harroui membentur tiang gawang.

Akan tetapi, pertahanan Ajax jebol juga pada menit ke-74 saat Harroui menyelesaikan serangan balik dengan umpan terukur yang diselesaikan oleh Piroe demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang.

Ajax berganti di bawah tekanan pada sisa waktu yang ada, tetapi cukup sukses menjaga keunggulan termasuk ketika Onana menggagalkan tembakan jarak dekat Deroy Duarte pada injury time. Ajax menang 2-1 atas Sparta.



Susunan pemain:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joel Veltman, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Donny van den Beek, Hakim Ziyech (Jurgen Ekkekelenkamp), Ryan Gravenberch (Carel Eiting); Ryan Babel (Lassina Traore), Dusan Tadic, Quincy Promes
Pelatih: Erik ten Hag

Sparta Rotterdam (4-4-2): Ariel Harush; Dirk Abels, Bart Vriends, Jurgen Mattheij, Lassana Faye; Abdoulrahmane Harroui (Mica Pinto), Dante Rigo (Deroy Duarte), Adil Auassar, Mohamed Rayhi; Ragnar Ache, Patrick Joosten (Joel Piroe)
Pelatih: Henk Fraser