Rycko berjanji selesaikan masalah banjir dalam tiga tahun

id rycko menoza szp, bakal calon walikota, banjir di bandarlampung

Rycko berjanji selesaikan masalah banjir dalam tiga tahun

Bakal calon wali kota Bandarlampung, Rycko Menoza SZP (kaus putih). (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Bakal calon wali kota Bandar Lampung Rycko Menoza SZP mengatakan, akan menyelesaikan masalah banjir dalam waktu tiga tahun jika mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin kota tersebut.

Hal itu disampaikannya saat bersilaturahmi dengan ratusan warga korban banjir di pemukiman padat penduduk di Kecamatan Wayhalim, Bandarlampung, Minggu sore.

Rycko juga menyempatkan meninjau sungai yang kerap meluap dan membanjiri pemukiman warga.


Ia mengatakan, penyebab banjir karena beberapa faktor seperti sistem drainase, pendangkalan dan penyempitan sungai serta kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga.

Rycko dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa kota Bandarlampung membutuhkan penataan ulang saluran air dengan sistem drainase perkotaan yang selama ini belum dimiliki sehingga saat hujan, air menggenangi permukiman penduduk.

Menurut dia, untuk pemukiman padat penduduk ini, dinding penangkis banjir memiliki ketinggian tidak sama sehingga saat hujan datang  air meluap masuk rumah warga melalui dinding yang lebih rendah.

"Masalah banjir bertahun-tahun tidak selesai, kita akan selesaikan dalam waktu tiga tahun," kata dia.

Namun, kata dia, hal ini juga perlu dukungan penuh dari masyarakat seperti menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke aliran sungai setempat.

Selain itu, Rycko juga mendengar berbagai keluhan warga setempat mengenai berbagai hal seperti harapan kemudahan lapangan pekerjaan bagi kaum milenial,  layanan kesehatan, serta mendengarkan keluhan banyaknya bantuan tidak tepat sasaran bagi masyarakat.