TNI- Polri dan Pemkab Waykanan gelar apel siaga bencana alam

id tni-polri waykanan, siaga bencana, pemkab waykanan

TNI- Polri dan Pemkab Waykanan gelar apel siaga bencana alam

Siaga bencana alam di Kabupaten Waykanan, Lampung. (Antara Lampung/HO)

Waykanan (ANTARA) - TNI-Polri  bersama Pemerintah Kabupaten Waykanan menggelar apel siaga dalam rangka kesiapan mengantisipasi bencana alam di daerah setempat.

Kegiatan apel kesiapan tersebut dilaksanakan di Lapangan Pemerintah Kabupaten Waykanan, Jumat, dihadiri Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswantoro, Dandim 0427 Way Kanan Letkol Inf. Czi.Komara diwakili Pasi Ops Kapten Suwito serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat setempat, Selan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Waykanan, Selan, mengatakan bahwa semua pihak dapat memperkuat komitmen dan memantapkan hati guna menegakkan integritas penyelenggaraan tugas pemerintahan, salah satunya terkait masalah penanggulangan bencana alam. 

Ia menyebutkan dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang diikuti dengan Peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, hal ini memberikan makna agar yang bertugas di lingkungan kebencanaan untuk terus mengemban mandat yang harus diemban sesuai dengan ruang lingkup kerja.

"Selain itu, menjadi dasar  operasional kita dalam melaksanakan tupoksi kebencanaan sesuai dengan kewenangan masing-masing," ujarnya.

Usai apel siaga, Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswanto  dan rombongan melakukan pengecekan perlengkapan search and rescue (SAR) untuk mengetahui kondisi dan begitu pula untuk semua anggota yang terlibat dipastikan dalam kondisi siap dan siaga dalam melakukan pertolongan.

Andy Siswanto mengatakan selain pengecekan alat dan kesiapan anggota, mekanisme penyelamatan korban juga menjadi perhatian khusus. 

"Tujuannya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam maka anggota sudah ada standar atau upaya penyelamatan korban secepat dan seefektif mungkin," tambahnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar