XL Axiata telah operasikan lebih dari 10 BTS jaringan USO di Sumatera

id xl axiata, uso 4g, pesisir barat, xl sumatera,jaringan data

XL Axiata telah operasikan lebih dari 10 BTS jaringan USO di Sumatera

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - XL Axiata hingga sekarang telah mengoperasikan lebih dari 10  BTS jaringan Universal Service Obligation (USO) yang semuanya 4G, di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya.

"Baru di Desember 2019 lalu kami mulai mengoperasikan BTS USO di Kabupaten Natuna, Kabupaten Seluma, Bengkulu, serta di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi yang dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019.  

Desy berharap keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di 
Desa Bandar Dalam Kabupaten Pesisir Barat  bisa memacu roda perekonomian masyarakat setempat. 

Masyarakat, lanjut dia, bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan  potensi ekonomi daerah, atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk usaha kecil menengah. 

Selain itu, keberadaan layanan data setingkat 4G akan bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain.

Desy menambahkan, daerah Kabupaten Pesisir Barat memiliki potensi pariwisata terutama wisata pantai.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan pantai dan juga dengan tujuan untuk berselancar (surfing). 

Selain itu, Kabupaten Pesisir Barat juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang berbasis pada pengelolaan sumber daya alam di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, dan perikanan.