XL Axiata sosialisasi layanan data ke masyarakat Pesisir Barat Lampung

id xl axiata, sosialisasi penggunaan data, pesisir barat, way haru, kecamatan bengkunat

XL Axiata sosialisasi layanan data ke masyarakat Pesisir Barat Lampung

Nelayan di Pesisir Barat, Lampung, mendapatkan telepon genggam yang memiliki aplikasi digital sehingga bisa membantu menunjukkan lokasi keberadaan ikan. (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Pesisir Barat (ANTARA) - XL Axiata melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan layanan data secara produktif kepada masyarakat Pesisir Barat, khususnya daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara bagi warga nelayan setempat," kata Head Sustainability & Internal Communication XL Axiata, Andy Satrio Yuddho, di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Pesisir Barat, Lampung, Selasa.

Ia menyebutkan sosialisasi diikuti oleh nelayan di Kecamatan Bengkunat, yang diharapkan para peserta selanjutnya akan mengajarkannya kepada kelompoknya masing-masing.

Baca juga: XL Axiata operasikan jaringan 4G di daerah tertinggal Pesisir Barat, Provinsi Lampung

Menurut dia, penggunaan suatu aplikasi digital yang bisa membantu menunjukkan lokasi keberadaan ikan adalah sesuatu yang sangat baru bagi mereka.

Andy menjelaskan XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi program kepada daerah dengan komunitas nelayan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya, tim XL Axiata juga memberikan edukasi pemanfaatan layanan digital dan internet bagi masyarakat setempat, terutama kaum perempuan dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), melalui program edukasi Sisternet.

Edukasi diikuti orang termasuk istri nelayan dan ibu rumah tangga lainnya. Materi pelatihan meliputi pemanfaatan internet untuk pemasaran produk, sumber informasi, serta pemanfaatan sosial media.

Untuk dunia pendidikan, XL Axiata tidak lupa menyalurkan program Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk sekolah yang yaitu SMA 2 Bangkunat Belimbing.

"Dengan donasi kuota data ini, kini para pelajar dan guru di sekolah tersebut bisa langsung mengakses internet cepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar," tambahnya.

Baca juga: Nelayan Pesisir Barat temukan sesosok mayat di perairan Kota Jawa

XL Axiata dalam kesempatan itu juga memberikan telepon genggam kepada empat nelayan yang telah ada aplikasi digital sehingga bisa membantu menunjukkan lokasi keberadaan ikan.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar