Alonso mulai nyaman libas gurun pasir Arab Saudi

id fernando alonso,dakar 2020,reli dakar

Alonso mulai nyaman libas gurun pasir Arab Saudi

Pebalap tim Toyota Gazoo Fernando Alonso di etape VI Dakar 2020 yang menempuh rute dari Ha'il menuju Riyadh sejauh 830km dengan Special Stage sepanjang 478km (10/1/2020) (ANTARA/HO/DPPI Media)

Jakarta (ANTARA) - Pensiunan Formula 1 Fernando Alonso mengaku menikmati melahap lintasan gurun pasir di Arab Saudi dalam debutnya di reli Dakar 2020.

Juara dunia F1 dua kali itu menikmati hasil terbaiknya sebagai pereli rookie ketika finis runner-up di etape VIII menggunakan mobil Toyota Hilux didampingi juara kategori sepeda motor Marc Coma sebagai co driver

Pebalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu tiga jam 52 menit 27 detik untuk menyelesaikan Special Stage dari etape VIII sejauh 477km mengitari rute memutar di wilayah selatan di sekitar Wadi Al Dawasir itu, empat menit empat detik dari juara etape Mathieu Serradori demikian laman resmi Dakar.



"Aku senang bisa menyelesaikan etape ini tanpa masalah. Etape yang indah, cukup cepat dengan banyaknya gunung pasir, jadi itu bagus," kata Alonso.

"Aku kira gunung pasir lebih sulit daripada trek, tapi entah bagaimana aku merasa lebih nyaman. Aku datang dari daerah yang tak memiliki gunung pasir, tapi sepertinya aku bisa mendapati ritme yang baik dan mengalir di gunung pasir dan aku sangat menikmati pekan kedua Dakar ini,"

Setelah pensiun dari F1 pada akhir 2018 lalu, Alonso banting setir dan beradaptasi dengan cepat di dunia barunya seperti yang ia lakukan sebelumnya ketika dirinya menjuarai balapan 24 jam Le Mans.

Di Dakar yang memasuki edisi pertamanya digelar di Timur Tengah setelah satu dekade digelar di Amerika Selatan dan meninggalkan Afrika karena alasan keamanan itu, Alonso sempat mengalami kerusakan parah di etape II ketika mengalami kerusakan ban dan finis peringkat 63 setelah kehilangan banyak waktu.

Finis runner up hari ini adalah hasil terbaiknya menyusul hasil konsisten di tiga etape sebelumnya, sehingga mengatrol dirinya ke peringkat 13 klasemen sementara kendati terpaut tiga jam 10 menit 51 detik dari Carlos Sainz yang belum tergoyahkan di puncak.

Para pebalap akan melanjutkan balapan di etape IX yang start dari Wadi Al Dawasir menuju Haradh dengan jarak total 886km dan SS sejauh 410km.