Menlu Israel tunda kunjungan ke UEA

id Menlu Israel Katz,Kunjungan Dubai,Expo 2020 Dubai

Menlu Israel tunda kunjungan ke UEA

Pengunjuk rasa melakukan protes pembunuhan terhadap pemimpin pasukan elit Quds Mayor Jenderal Qassem Soleimani di Teheran, Jumat (3/1/2020). Qassem Soleimani tewas karena serangan udara Amerika Serikat di bandara Baghdad, Irak. ANTARA FOTO/WANA (West Asia News Agency)/Nazanin Tabatabaee via REUTERS/pras.

Jerusalem (ANTARA) - Menteri luar negeri Israel menunda kunjungannya ke Dubai pada Januari ini karena masalah keamanan, menurut beberapa diplomat pada Minggu.

Ia menghubungkan keputusan tersebut dengan peningkatan ketegangan Iran dan Amerika Serikat.

Israel Katz, yang merangkap sebagai menteri intelijen, sebelumnya dijadwalkan melakukan pertemuan pada pertengahan Januari di Uni Emirat Arab menjelang Expo 2020 Dubai di negara Teluk itu. Namun berdasarkan "instruksi pejabat keamanan", kunjungan itu akan ditunda, menurut seorang diplomat Israel, tanpa menyebutkan tanggal baru. 

Sementara itu diplomat lain, yang juga merahasiakan identitasnya, menyebutkan bahwa Israel sedang mengambil tindakan pencegahan agar jangan sampai musuhnya, Iran, mencoba menargetkan Katz di Teluk sebagai bagian dari aksi balasan terhadap sekutu Israel, Amerika Serikat. Diplomat itu tak merujuk bukti untuk mengindikasikan ada ancaman spesifik.
 
Iran dan Israel terlibat dalam permusuhan sengit di kawasan sejak revolusi Iran 1979.

Permusuhan selama puluhan tahun antara Teheran dan Washington semakin buruk dalam beberapa pekan belakangan ini setelah AS menewaskan jenderal besar Iran Qassem Soleimani dan Iran melakukan balasan dengan menembakkan roket ke pangkalan udara Irak, yang ditempati pasukan AS.
Baca juga: Israel siap hadapi pembalasan Iran

Sumber: Reuters