PMI Lampung imbau warga waspadai penyakit diare

id Pmi lampung, lampung ,pmi, diare, banjir

PMI Lampung imbau warga waspadai penyakit diare

Himbauan penyakit diare dari PMI Lampung (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Pejabat Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung mengatakan masyarakat diminta untuk mewaspadai ancaman penyakit diare dan leptospirosis karena berpotensi menyerang kekebalan tubuh manusia.

"Hujan yang  terjadi di Provinsi Lampung secara terus menerus, dan mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Ini bisa menimbulkan beberapa penyakit yaitu diare dan leptospirosis. Jadi ini harus diperhatikan betul," kata Koordinator Pusat Data dan Informasi PMI Provinsi Lampung Hady Prasetyo, di Bandarlampung, Sabtu

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Ada beberapa jenis hewan yang dapat menjadi pembawa leptospirosis yaitu anjing, hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi.

Untuk mencegah ancaman dua penyakit itu, masyarakat diimbau harus lebih ekstra hati-hati dan memperhatikan kebersihan tangan dan makanan.

Selain itu, untuk mengantisipasi diare yaitu selalu memasak air sampai mendidih, memastikan kebersihan makanan dan minuman terjaga, kebersihan kamar mandi, cuci tangan pakai sabun, dan memberikan vaksin rotarius kepada bayi.

"Bila ada tanda-tanda dua penyakit tersebut, bisa langsung memeriksakan kesehatan di puskesmas dan layanan kesehatan lainnya," ungkapnya
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar