Gubernur: Uji kompetensi sarana pemetaan potensi ASN

id pemprov lampung, uji kompetensi ASN

Gubernur: Uji kompetensi sarana pemetaan potensi ASN

Suasana ujian kompetensi ASN Lampung di GSG Universitas Lampung, Bandarlampung 09/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa pelaksanaan uji kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk memetakan kompetensi sesuai kebutuhan.

"Uji Kompetensi pada hari ini memiliki tujuan yaitu untuk memetakan kompetensi para pejabat administrator agar penempatan pegawai nantinya akan sesuai dengan potensi yang dimiliki," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, ujian kompetensi yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Universitas Lampung diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara yang telah memenuhi syarat,  sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN.

Ujian Kompetensi ASN diikuti oleh 838 orang yang terdiri atas 436 orang pada sesi ujian di pagi hari, dan 431 orang di siang hari, dengan harapan Aparatur Sipil Negara dapat memiliki integritas dan etika dalam melaksanakan jabatan.

"Hari ini ada 838 orang peserta ujian kompetensi ASN, diharapkan melalui pelaksanaan ujian dapat menjadi bahan untuk mengukur dan membenahi kinerja pemerintah Provinsi Lampung," katanya.

Ujian kompetensi Aparatur Sipil Negara selain untuk memetakan potensi dan membenahi kinerja pemerintah, juga bertujuan untuk mereformasi birokrasi agar praktek KKN tidak terjadi.

"ASN memiliki peran penting dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah, untuk menciptakan tata pelaksanaan pemerintahan yang baik dan berintegritas," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Lampung canangkan Waykanan sebagai kabupaten literasi