PM Irak terima pesan dari Iran terkait serangan rudal

id serangan Iran di Irak,pasukan Amerika Serikat,pembunuhan Qassem Soleimani

PM Irak terima pesan dari Iran terkait serangan rudal

22 rudal balistik Iran serang pangkalan pasukan koalisi di Irak (CNN)

Baghdad (ANTARA) - Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi sebelumnya menerima pesan dari Iran bahwa pembalasan Iran atas pembunuhan jenderal terkemuka Iran oleh Amerika Serikat akan segera terjadi atau sedang berlangsung, kata juru bicaranya, Rabu.

Pasukan Iran menembakkan peluru kendali ke pangkalan-pangkalan militer yang ditempati oleh pasukan AS di Irak sebagai pembalasan atas kematian jenderalnya, Qassem Soleimani.

Serangan Iran itu meningkatkan risiko pada konflik yang dihadapinya dengan Washington di tengah kekhawatiran bahwa perang akan meluas di Timur Tengah.

"Tak lama setelah tengah malam pada Rabu, kami menerima pesan lisan dari Republik Islam Iran bahwa tanggapan Iran terhadap pembunuhan syuhada Qassem Soleimani sudah dimulai atau akan dimulai," kata juru bicara PM Mahdi.

Baca juga: Donald Trump akan tunduk pada hukum internasional terkait target situs Iran

Teheran mengatakan kepada Abdul Mahdi bahwa pihaknya hanya akan menyerang lokasi-lokasi keberadaan pasukan AS namun tidak menyebutkan secara rinci lokasi yang dimaksud, kata sang juru bicara dalam pernyataan.

Abdul Mahdi sedang menerima telepon dari Amerika Serikat ketika rudal-rudal berjatuhan di sayap Amerika di pangkalan udara tersebut, yang berada di Provinsi Anbar, serta di sebuah pangkalan udara di Erbil, kata juru bicara.

Belum ada laporan soal korban, baik dari militer Irak maupun pasukan pimpinan AS, katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Iran gempur pangkalan udara Irak--ada pasukan AS tak lama usai pemakaman Soleimani
Baca juga: SBY minta pemimpin dunia tidak abstain terkait konflirk AS-Iran
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar