Gubernur Lampung-Itera bahas desain kawasan olahraga terpadu

id gubernur lampung arinal, kawasan olahraga terpadu, institut teknologi sumatera

Gubernur Lampung-Itera bahas desain kawasan olahraga terpadu

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama tim Itera di Bandarlampung, Rabu (8/1/2020) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan mendesain kawasan olahraga dan tempat pertemuan terpadu.

"Keterlibatan Itera membuktikan komitmen untuk memaksimalkan peran perguruan tinggi dalam perencanaan berbagai pembangunan infrastruktur di Lampung, termasuk membuat desain awal kawasan sport dan convention center," kata dia, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, sesuai dengan masyarakat Lampung yang heterogen, sudah saatnya Provinsi Lampung memiliki sebuah kawasan yang multi fungsi baik untuk kebutuhan sosial kemasyarakatan, politik dan seni budaya.

“Saya berharap Itera dapat membuat sebuah desain kawasan sport dan convention center yang terpadu. Di mana kawasan tersebut dapat mengakomododir kebutuhan masyarakat untuk berolah raga, rekreasi, hingga sebagai sarana bagi genersai muda untuk menyalurkan energinya melalui kegiatan – kegiatan positif seperti olahraga dan berkesenian," ujarnya. 

Gubernur menyampaikan bahwa nantinya seluruh fasilitas dari berbagai cabang olahraga berprestasi disediakan di tempat tersebut. Bahkan Gubernur berkeinginan Lampung bisa jadi tempat penyelenggaraan kompetisi olahraga, baik berskala nasional maupun internasional.

Rektor Itera Ofyar Z Tamin mengatakan Itera siap terlibat dalam pembangunan Provinsi Lampung.

"Itera siap memberikan sumbangsih pemikiran lewat para akademisinya untuk mendukung setiap program pembangunan di Provinsi Lampung," kata Ofyar.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengharapkan kawasan pusat opahraga akan memacu kemajuan olahraga di Lampung.

"Dengan kawasan sport dan convention center kita harapkan berdampak ekonomis bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya untuk mengoptimalkan pembinaan olah raga berprestasi secara berjenjang dan berkesinambungan,” kata Fahrizal. 

Senada dengan Sekdaprov. Kepala Dispora Hanibal meminta desain sarana olahraga yang terstandar agar dapat digunakan untuk pembinaan atlet dan penyelenggaraan event – event olagraga bertaraf nasional bahkan internasional.

Sementara itu, dalam paparan Tim Itera, rancangan kawasan olahraga dan pusat pertemuan dibangun terpadu dengan berbagai fasilitas pendukung yang bertaraf Internasional. 

Itera juga membuat desain perencanaan pembangunan insfrastruktur lain, seperti jembatan dan sistem mitigasi bencana yang akan di bangun di Provinsi Lampung.

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar