Lampung optimistis tahun 2020 awal kebangkitan pariwisata

id pariwisata lampung,dinas pariwisata lampung

Lampung optimistis tahun 2020 awal kebangkitan pariwisata

Suasana salah satu objek wisata pantai di Lampung, Pesawaran, Senin 06/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata  Provinsi Lampung optimistis tahun 2020 akan menjadi awal kebangkitan pariwisata karena makin mudah bagi wisatawan menjangkau Provinsi Lampung.

"Kami berusaha pada  2020 akan mengulangi kejayaan pariwisata Lampung di tahun 2017 dengan rata-rata pertumbuhan wisata mencapai 54,5 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, Lampung optimisis akan kembali memperoleh kejayaan pariwisata di tahun 2020, karena berbagai akses transportasi telah terbuka yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Lampung.

"Tentu kami optimisi melihat perkembangan setelah di bukanya jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Palembang dengan Lampung pada awal pembukaan telah banyak masyarakat asal berbagai daerah di Sumatera berkunjung, lalu ada pelabuhan eksekutif, serta international airport juga ikut melengkapi kemudahan akses wisata," katanya.

Ia menjelaskan, pariwisata Lampung memiliki pertumbuhan per tahun mencapai 20 hingga 25 persen, dan tahun 2017 merupakan tahun dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi dengan rata-rata 54,5 persen, sehingga pemerintah tengah berupaya mengulang kejayaan tersebut.

"Pemerintah Provinsi Lampung sedang mengembangkan zona pariwisata yang pertama zona Bakauheni hingga Tanggamus, zona kedua Pesisir Barat hingga Taman Nasional Bukit Barisan, dan zona terakhir Way Kambas, diharapkan dengan adanya pembagian tiga zona pengembangan pariwisata wisatawan dapat terdistribusi merata ke berbagai destinasi wisata," ujarnya.

Sejumlah upaya juga dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung guna membangkitkan kembali pariwisata Lampung pada tahun 2020, salah satunya dengan menjalin berbagai kerja sama dan juga promosi pariwisata.

"Untuk mewujudkan keberhasilan sektor pariwisata pada tahun ini, pemerintah daerah telah menjajaki kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan internasional agar membuka penerbangan langsung dari Kuala Lumpur menuju Lampung, lalu kami juga bekerja sama dengan berbagai agen travel dalam dan luar negeri, melaksanakan kegiatan promosi serta pembenahan objek wisata," katanya.

Menurutnya, guna menarik wisatawan luar negeri dan mempertahankan wisatawan domestik untuk berwisata ke Lampung memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

"Agar wisatawan manca negara ataupun domestik datang ke Lampung seluruh pihak harus bersinergi,sehingga pariwisata Lampung dapat bangkit kembali dengan harapan pertumbuhan pariwisata melebihi rata-rata pertumbuhan pada tahun 2017 silam," katanya.

Baca juga: Dispar kembangkan wisata konservasi gajah Way Kambas