Arus balik libur Tahun Baru 2020 lewat Bakauheni aman dan lancar

id Arus balik,Libur tahun baru,Pelabuhan Bakauheni

Arus balik libur Tahun Baru 2020 lewat Bakauheni aman dan lancar

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung Selatan Hasan Lessy saat memantau arus balik di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan melalui cctv. (Antaranews Lampung/Ardiansyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik kendaraan dan penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pascalibur Tahun Baru 2020 berjalan aman dan lancar.

Selain itu, dibandingkan tahun sebelumnya yakni 2019 jumlah penumpang pejalan kaki pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 37 persen. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan empat mengalami kenaikan 29 persen.

General Manajer PT ASDP Bakauheni Lampung Selatan Hasan Lessy, Sabtu mengatakan, arus balik penumpang dan kendaraan di Bakauheni 2020 meski mengalami peningkatan namun semua berjalan aman dan lancar.

"Kepadatan kendaraan yang terjadi didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat pada hari terakhir libur sekolah ini, jumlah penumpang pejalan kaki yang melalui Pelabuhan Bakauheni menuju Merak sebanyak 56.769 orang, sedangkan untuk kendaraan roda dua dan empat sebanyak 10.468 unit, jumlah tersebut akan mengalami penambahan hingga malam ini," ujarnya, di Bakauheni, Ahad.

Hasan Lessy menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan dan penumpang, ASDP membuka seluruh loket pelayanan gerbang tiket kendaraan dan penumpang. 

"Kami terus melakukan inovasi, dengan memberikan layanan, bekerjasama dengan instansi terkait, sehingga bisa mengubah jalur dan tidak terjadi kemacetan," tambahnya. 

Dibandingkan tahun lalu, lanjut Hasan Lassy, dan saat ini cuaca normal, sehingga terjadi kenaikan 37 persen untuk pejalan kaki.

“Tahun lalu kita ada kejadian tsunami, jadi di tahun ini kita untuk penumpang mengalami kenaikan 37 persen kalau dihitung dari 19 Desember 2019 sampai 4 Januari 2020," ungkapnya. 

Hasan Lessy juga memprediksi pada hari ini hingga pergantian hari nanti akan mengalami peningkatan hal tersebut berkaca dari hari Sabtu (4/1/2020) untuk penumpang ada lonjakan 18 persen, roda dua 15 persen dan roda empat 15 persen dibanding hari sebelumnya..

"Jadi untuk hari ini diprediksi kemungkinan akan mengalami peningkatan sampai 20 persen untuk penumpang dan kendaraan<" kata dia. 

 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar