Libur akhir tahun 2019 trafik XL Axiata di Jabar naik hingga 80 persen

id XL Axiata, Jabar, Trafik Libur Akhir Tahun, Tahun Baru 2020

Libur akhir tahun 2019 trafik XL Axiata di Jabar naik hingga 80 persen

Ilustrasi. Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. (ANTARA/Istimewa)

Bandung (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun 2019 dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di Jawa Barat (Jabar), khusus di Jabar trafik data saat libur akhir tahun meningkat 80 persen.

"Trafik khusus data di Jawa Barat saja mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai sekitar 22 persen dibandingkan trafik data di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 80 persen," kata Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti, Sabtu.

Dia menuturkan layanan data game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh web browsing dan layanan pesan cepat instant messaging

Sofia mengatakan selain menjadi tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, Jawa Barat juga menjadi jalur perlintasan bagi penduduk Jabodetabek yang hendak menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Dia mengatakan sesuai dengan perkiraan peningkatan trafik sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang mengalami kenaikan sekitar 28 persen karena adanya ratusan objek wisata yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Lembang dan Cisarua.

Trafik data di Garut, kata dia, naik 44 persen begitu juga di Pangandaran naik hingga 180 persen.

Sofia menambahkan, kenaikan trafik data juga terjadi di sepanjang tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan, Cirebon yang meningkat rata-rata sekitar 49 persen.

"Kenaikan trafik juga terlihat di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Kertajadi, serta Stasiun Kiara Condong," kata dia.

Kota Bandung yang menjadi salah satu kontributor kenaikan trafik terbesar memang memiliki sejumlah pusat keramaian di sepanjang masa liburan, terutama di malam tahun baru seperti area Dago, Gedung Sate, hingga Braga yang dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Menurut Sofia, hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar.

"Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik," katanya.

"Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-arae baru di seluruh Indonesia," lanjut Sofia.


 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar