Perayaan malam Tahun Baru aman

id Tahun baru,Malam tahun baru hujan,Argo yuwono

Perayaan malam Tahun Baru aman

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah). ANTARA/HO Humas Polri/am/pri. (ANTARA/HO Humas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa kegiatan masyarakat pada malam Tahun Baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia terpantau aman dan lancar.

"Sampai saat ini pantauan kegiatan di polda-polda insya Allah masih dalam kondisi kondusif," kata Argo di Jakarta, Selasa malam.

Pihaknya selalu berkoordinasi dengan polda di berbagai daerah melalui konferensi video hingga perayaan pergantian tahun selesai untuk memantau situasi keamanan.

Argo menjelaskan bahwa jumlah personel Polri dan TNI yang diterjunkan dalam mengamankan malam Tahun Baru berjumlah 19.1807 personel.

Terkait cuaca hujan yang melanda di sejumlah wilayah Indonesia pada malam Tahun Baru ini, ia meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas dan selalu menjaga kesehatan.

"Jangan sampai nanti terjadi kehujanan, sakit dan sebagainya, jalan licin, jadi harus hati-hati," katanya.

Ia menjelaskan bahwa salah satu lokasi yang menjadi perhatian Polri karena rawan kriminalitas adalah lokasi parkir kendaraan bagi masyarakat yang merayakan Tahun Baru.

"Kadang masyarakat lupa untuk mengunci motor, kadang langsung ditinggal," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini juga mengimbau kepada masyarakat agar menjaga keamanan barang bawaan dan berpenampilan wajar agar tidak mengundang aksi kriminalitas.

"Kami berharap pada masyarakat yang mengunjungi tempat wisata untuk hati-hati, jangan menggunakan perhiasan yang mencolok, bawa tas jangan besar-besar, kemudian lupa menutup resleting. Bawa uang secukupnya untuk kegiatan wisata dengan keluarga," pesannya.
Baca juga: Warga Bandarlampung berharap kondisi ekonomi masyarakat tahun 2020 lebih baik