Brimob terjunkan 60 personel amankan kawasan wisata di NTT

id Brimod, Polda NTT,wisata ntt,brimob amankan wisata

Brimob terjunkan 60 personel amankan kawasan wisata di NTT

Sejumlah personel Brimod Polda NTT bersenjata lengkap berpatroli di pantai Lasiana Kupang. (Antara Foto/ Kornelis Kaha)

"Di masa-masa liburan seperti saat ini khususnya di penghujung tahun 2019 banyak spot-spot wisata yang dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, oleh karena itu kita terjunkan kurang lebih 60 personel kita untuk melakukan pengamanan dan patrol
Kupang (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menerjunkan kurang lebih 60 personelnya untuk mengamankan sejumlah kawasan wisata di provinsi berbasis kepulauan itu menjelang akhir tahun 2019.

"Di masa-masa liburan seperti saat ini khususnya di penghujung tahun 2019 banyak spot-spot wisata yang dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, oleh karena itu kita terjunkan kurang lebih 60 personel kita untuk melakukan pengamanan dan patroli di kawasan kawasan wisata," kata Kabag Ops Sat Brimob Polda NTT AKP Bayu Purdantono, di Kupang, Senin.
Baca juga: Fasilitas wisata Waijarang Lembata rusak dilanda angin kencang

Bayu mengatakan bahwa secara umum personel Satuan Brimob Polda NTT senantiasa memberikan pengawasan yang menyeluruh kepada masyarakat guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas yang berkadar tinggi.

Lokasi-lokasi yang dipantau dan diamankan itu adalah kawasan-kawasan pantai seperti di Kota Kupang, kemudian di Labuan Bajo dan kawasan wisata lainnya.

Alasan dua kota itu dipilih karena, Kota Kupang merupakan ibu kota Provinsi NTT dan Labuan Bajo adalah daerah wisata yang saat ini mendapatkan perhatian khusus Presiden RI Joko Widodo sehingga tentunya menjadi fokus dalam pengamanan.

"Dengan peningkatan ini, di satu sisi baik bagi kehidupan masyarakat terutama di bidang ekonomi, namun juga harus menjadi perhatian karena memiliki potensi peningkatan gangguan kamtibmas,” ujar dia.
Baca juga: Bikin areal wisata foto, satgas PAM perbatasan percantik objek wisata di NTT
Sejumlah personel Brimob Polda NTT bersenjata lengkap berpatroli di Pantai Lasiana Kupang. (Antara Foto/ Kornelis Kaha)

Pengamanan dan patroli, ujar dia tak hanya dilakukan di darat saja, tetapi juga dilakukan dengan berpatroli di laut mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan di laut.

Sebab ujar dia lagi personel Satuan Brimob Polda NTT selain memiliki kemampuan tempur di laut juga telah dibekali kemampuan SAR laut dengan dukungan dari perlengkapan kedinasan seperti perahu cepat karet untuk berpatroli di laut.

"Brimob Polda NTT senantiasa siap sedia memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jika dibutuhkan," tambah dia.

Hal ini kata dia sesuai dengan motto Korps Brimob Polri: “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan” serta Program Dankorps Brimob yaitu “Brimob Untuk Indonesia”, maka Satuan Brimob Polda NTT senantiasa siap berperan aktif dalam mengamankan seluruh kegiatan masyarakat Flobamora.

Masyarakat pun diharapkan bisa bekerja sama dengan Brimob Polda NTT jika menemukan hal-hal yang mencurigakan saat berwisata di tempat wisata dengan cara langsung melaporkan ke petugas yang sedang berpatroli.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar