Pemkab Biak tahun 2020 siapkan empat puskesmas pariwisata

id puskesmas pariwisata,biak

Pemkab Biak tahun 2020 siapkan empat puskesmas pariwisata

Puskesmas Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu puskesmas pariwisata yang telah terakreditasi madya.(ANTARA/Muhsidin)

"Empat puskesmas pariwisata di Biak Numfor di antaranya Puskesmas Yawosi, Puskesmas Biak Kota, Puskesmas Kameri Pulau Numfor dan Puskesmas Pasi," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Sabtu.
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2020 akan menyiapkan empat unit Puskesmas wisata dalam rangka menunjang program strategis Nasional pariwisata di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Empat puskesmas pariwisata di Biak Numfor di antaranya Puskesmas Yawosi, Puskesmas Biak Kota, Puskesmas Kameri Pulau Numfor dan Puskesmas Pasi," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan, konsep puskesmas pariwisata hampir sama dengan di Bali karena wilayah Biak Numfor memiliki banyak objek wisata.

"Nantinya puskesmas tersebut bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan pariwisata di wilayah kerjanya,"ujar Bupati Biak Herry Naap.
Baca juga: Pemkab Bangka rencanakan bangun dua unit puskesmas pariwisata

Meski puskesmas pariwisata, menurut dia, namun fasilitas empat Puskesmas sama dengan puskesmas yang melayani para pasien berobat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun mengatakan keberadaan Puskesmas wisata karena kebutuhan di lapangan setelah kawasan objek wisata banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

"Pelayanan Puskesmas wisata berstandar Internasional mulai dari fasilitas dan tenaga sumber daya manusia sebagai penggerak utama pelayanan kesehatan di empat puskesmas bersangkutan," katanya.

Ia berharap, sejalan dengan program strategis pariwisata Nasional setiap Kabupaten/Kota harus menyiapkan sarana pelayanan kesehatan yang berstandar Internasional sehingga memberikan raya nyaman bagi turis berkunjung ke Biak Numfor.

Berdasarkan data program kesehatan empat Puskesmas wisata di Kabupaten Biak Numfor telah ditetapkan sebagai program prioritas kesehatan pada tahun anggaran 2020.