Pemprov Lampung minta Polinela padukan bidang pertanian dengan industri pariwisata

id pemerintah provinsi lampung

Pemprov Lampung minta Polinela padukan bidang pertanian dengan industri pariwisata

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, saat menerima audiensi Direktur Polinela Sarono beserta staf, di Bandarlampung, Kamis, (26/12/2019) (Antara Lampung/HO)

Program studi Polinela cocok dengan program Pemprov Lampung yaitu Program Lampung Berjaya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengembangkan pertanian, perikanan, dan perkebunan yang dipadukan dengan industri pariwisata, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Program studi Polinela cocok dengan program Pemprov Lampung yaitu Program Lampung Berjaya karena mata kuliah cukup komplit seperti pertanian, perikanan, perkebunan, dan lain lain," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto, saat menerima audiensi Direktur Polinela Sarono beserta staf di Bandarlampung, Kamis.

Fahrizal menambahkan pihaknya menyambut baik dukungan Polinela dalam menyukseskan Lampung Berjaya.

Sekdaprov juga berharap Polinela mampu menghasilkan inovasi-inovasi bidang pertanian, perikanan maupun perkebunan agar bidang ini semakin digemari masyarakat khususnya generasi milenial.

Sekdaprov juga minta bidang ini dikembangkan bersama dengan industri pariwisata, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Lampung sudah menjadi destinasi wisata, saya ingin buat paket traveling di Lampung yang kreatif. Dan Polinela bisa ikut berpartispasi didalamnya. Jadi pengunjung dapat lebih lama berwisata dan dapat meningkatkan perekonomian," jelasnya.

Ia juga meminta Polinela mengembangkan pariwisata di Lampung. "Meski Lampung sudah menjadi destinasi wisata, namun hal itu tidak akan cukup untuk menopang perekonomian kalau pelaku usahanya minim," lanjutnya.

"Saya ingin Polinela buat paket traveling di Lampung yang kreatif, jadi pengunjung dapat lebih lama berwisata dan dapat meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Polinela Sarono menyampaikan sejumlah keberhasilan yang dilakukan Polinela diantaranya mengirim bibit ikan lele, gurame, dan patin sampai ke Sumatera Selatan.

Selain itu, Polinela juga berkomitmen untuk membantu masyarakat Lampung seperti memberi edukasi, pelatihan, budidaya, kunjungan ke universitas atau pertanian, peternakan, dan keramba yang dikelola oleh Polinela.

Sarono mengharapkan Pemprov Lampung dapat berkunjung ke Politeknik Negeri Lampung untuk melihat secara langsung keadaan dan perkembangan pertanian di lingkungan Polinela atau budidaya keramba ikan di laut.

Sarono mengingatkan terkait nota kesepahaman (MoU) tiga pihak yaitu Pemprov Lampung, petani, dan Polinela sejak tahun 2014 sampai 2019.

Nota kesepahaman itu, lanjutnya perihal penyiapan sumber daya petani berupa pendanaan beasiswa untuk mahasiswa.

"Dalam program tersebut terdapat kendala di akhir yaitu setelah lulus pemerintah belum memiliki skema khusus untuk lulusan dari program tersebut. Oleh karena itu pihak Polinela meminta kelanjutan atas program tersebut," jelasnya.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar